Jawa Barat, [bhayangkaranews.id] - Tokoh pendidikan yang juga budayawan Prof Dr HM Didi Turmudzi MSi kembali terpilih menjadi Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan secara aklamasi untuk periode 2020 - 2025, dalam Sawala Budaya atau Kongres ke-43 di Aula Mandalasaba dr Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Kota Bandung, Sabtu (22/8/2020)

Kembali terpilihnya, mantan Rektor Universitas Pasundan (Unpas) untuk ketiga kalinya tersebut, terasa spesial, sebab sejak periode 2010-2015, kemudian 2015-2020, dan kini 2020-2025 seluruhnya terjadi aklamasi atau suara bulat dari seluruh pemilih hak suara.

Kegiatan Sawala Budaya atau kongres ke-43 Paguyuban Pasundan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil dan diikuti oleh 1306 peserta, meliputi seluruh pengurus cabang Paguyuban Pasundan di seluruh Indonesia, Pinisepuh dan Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan secara daring melalui aplikasi virtual zoom karena pandemi covid-19.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas penyelenggaraan sawala budaya ke-43 di tahun 2020. Menurutnya, peran Paguyuban Pasundan sebagai mitra utama pembangunan Provinsi Jawa Barat dalam budaya serta pendidikan, turut andil dalam memperkuat identitas bangsa dan membentuk generasi emas Indonesia.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki identitas dan identitas itu terletak pada budayanya yang dapat menangkal hal-hal negatif yang kurang sesuai dengan jati diri yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Maka, Paguyuban Pasundan memiliki peran dalam hal ini juga menyertai mimpi besar Indonesia untuk bisa mendukung terwujudnya generasi emas dan kelestrian budaya menjadi hal yang sangat penting," ujarnya dalam sambutan pada penyelenggaraan sawala budaya ke-43. Sabtu (23/8/2020)

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memiliki program serta usulan untuk mencetak biru kebudayaan pasundan.

"Paguyuban Pasundan bisa berinovasi dalam budaya, bukan hanya politik nasional, tapi kuat dalam inovasi pendidikan sehingga melahirkan kualitas anak Jawa Barat yang nyunda, nyantri dan nyakola," ucapnya.

Sementara itu‎, Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan periode 2020-2025, Prof Dr HM Didi Turmudzi MSi menegaskan, pihaknya akan tetap dan terus meningkatkan mutu kualitas dari tiga aspek yang menjadi visi dan misi dari Paguyuban Pasundan, yaitu, pendidikan, budaya dan ekonomi di Jawa Barat.

Sehingga, ketiga hal itu akan terus menjadi prioritasnya dalam memajukan PB Paguyuban Pasundan sebagaimana tema dari kegiatan kongres tersebut yaitu, nyawang ka tukang, nyoreang mangsa anu bakal datang dina adeg adeg Paguyuban Pasundan.

"Setelah kembali dipercaya mengemban amanah ini, saya hanya diberi waktu satu bulan untuk menentukan susunan pengurus periode 2020-2025. Ke depan sesuai dengan visi dari Paguyuban Pasundan, kami akan terus berupaya untuk mengangkat harkat dan martabat, memerangi kebodohan dan kemiskinan di Jawa Barat, serta menyebarkan syiar Islam," ujarnya saat ditemui di kantor PB Paguyuban Pasundan. Minggu (23/8/2020).

Prof. Didi pun menuturkan, pihaknya akan terus berupaya untuk mengedepankan penerapan pendidikan karakter yang mengedepankan aspek akhlak/moral dan budaya, serta penguatan nilai-nilai Pancasila. Sebab, ketiga hal tersebut merupakan sesuatu yang paling mendasar dan penting bagi kelangsungan hidup bangsa.

"Paguyuban Pasundan terus berupaya mengembangkan pendidikan selaras dengan tujuan sistem pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik unggul. Anak-anak Jawa Barat harus memilki akhlak dan budaya dalam mengembangkan sains, penerapan keterampilan, kepekaan sosial. Bahkan sebagai wujud dari pengemabangan multiple kecerdasan yakni, IQ, EQ, dan SQ," ucapnya

Oleh karena itu, dirinya mengajak semua pihak agar mau dan mampu untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita dan harapan bangsa Indonesia, khususnya terwujudnya kualitas masyarakat madani dan berkarakter di Jawa Barat. [050-HAG]