Deli Serdang, [bhayangkaranews.id] - Pendaftaran Banpres  Produktif Usaha Mikro untuk wilayah Deli Serdang masih dibuka secara online. Bagi Anda yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Deliserdang dapat mendaftarkan diri secara online untuk mendapatkan banpres produktif tersebut.

Kepala Seksi Penguatan, Pengembangan dan Perlindungan UKM Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang, Gomgom Sidabutar mengatakan, pelaku usaha mikro Deli Serdang bisa mendaftarkan diri secara online sebagai calon penerima Banpres Produktif untuk UMKM  melalui link: http://diskopukm.deliserdangkab.go.id/dataukm

Pendaftaran online akan ditutup pada minggu kedua September 2020, tapi apabila kuota calon penerima Banpres Produktif Usaha Mikro nasional  belum mencapai 12 juta pelaku usaha, maka pendaftaran masih berlanjut hingga akhir November 2020.

"Pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro untuk wilayah Deli Serdang hanya dilakukan secara online. Untuk itu, para pelaku usaha mikro tidak perlu lagi datang secara langsung ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang,” katanya.

Bagi para pelaku usaha mikro Deli Serdang yang telah mendaftar sebagai calon penerima Banpres Produktif  Usaha Mikro melalui Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang diharapkan supaya bersabar menunggu konfirmasi dari pusat. “Mengenai kelengkapan berkas dilengkapi setelah data dari pusat turun,” kata Gomgom.

Adapun syarat penerima Banpres Produktif Usaha Mikro adalah: pelaku UMKM yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, pelaku UMKM yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Kemudian pelaku UMKM memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya (Dalam Hal Ini Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Deli Serdang), bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), pelaku UMKM bukan anggota TNI/Polri dan juga bukan pegawai BUMN/BUMD.

Syarat lainnya adalah pendaftaran online dibuka sampai minggu ke-2 bulan September 2020 dan apabila kuota Peserta UKM seluruh Indonesia sudah mencapai 12 Juta Pelaku usaha UKM maka program bantuan pelaku usaha akan ditutup, verifikasi data mutlak dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Jika terjadi kesalahan sistem silahkan Chat WA/SMS ke Gomgom Sidabutar selaku Kepala Seksi Penguatan, Pengembangan dan Perlindungan UKM di nomor 081268475369, Nami Sinulingga di nomor 081293052416, dan Dwi di nomor 082362312763,” ujarnya.

Meskipun pendaftaran masih dibuka, namun pelaku usaha mikro yang telah mendaftar sebagai calon penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro untuk wilayah Deli Serdang sudah ada yang menerima pencairan dana Banpres Produktif  melalui bank penyalur dengan didukung Surat Keterangan dari Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang.

Kadis Koperasi dan UKM Deli Serdang, Ridwan Said Siregar mengatakan, Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro untuk wilayah Deli Serdang ini dicairkan melalui bank penyalur setelah melalui proses verifikasi berkas hingga survei ke lokasi usaha calon penerima bantuan yang telah mendapat pesan singkat (SMS) dari bank penyalur.

Kepada para pelaku UKM yang telah menerima Banpres Produktif, Ridwan berharap dapat digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan usaha dan bukan untuk kepentingan pribadi.
“Saya berharap dapat digunakan sebaik-baiknya. Misalnya yang membuka usaha jahit dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk membeli keperluan usaha jahit,  menambah alat mesin jahit, bahan jahitan dan bukan untuk hal di luar usaha,” kata Ridwan. [004-AP]