Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Bersama Ka Biro Cianjur mari kita ungkap bersama dan kita angkat agar anak muda mengetahui adanya Hari Ayah karena selama ini kita kenal Hari Ibu yang selalu diperingati oleh dunia. Hari Ayah banyak yang belum mengetahuinya  Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah. Mari kita gali sejarah lahirnya Hari Ayah yang jatuh pada hari ini 12 Nopember ketika itu  PPIP tak mendapatkan jawaban memuaskan.

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PIPP) menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara. Demikian awal lahirnya Hari Ayah jadi bukan hari Ibu saja yang kita kenal selama ini dan kita selalu  memperingatinya setiap tahun. [050-HAG]