Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Petugas KPPS juga melakukan Pengamanan Langsung (Pasung) di 19 tempat pemungutan suara (TPS) kegiatan dilaksanakan di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu.

Hal tersebut sebagai salah satu syarat untuk menjadi petugas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Cianjur. 171 petugas tersebut terdiri dari 133 KPPS dan 38 Pamsung.

Sekretaris Desa Tanjungsari, Yayan Sutarni menuturkan bahwa, rapid tes tersebut merupakan langkah upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat menyelenggarakan pesta demokrasi daerah. Sehingga, penyelenggaraan bisa berjalan aman dan sesuai protokol kesehatan.

“Secara teknis, tidak dilakukan serentak. Tapi bertahap, untuk menghindari kerumunan dan ini bertujuan agar seluruh anggota KPSS dan Pamsung benar-benar sehat, sehingga pemilih merasa aman dan tidak ragu untuk datang ke TPS dalam menyalurkan hak pilihnya,” ujarnya.

Lanjutnya, jika didapati hasil reaktif, maka anggota KPPS ataupun Pamsung akan diganti dan langsung dilakukan swab tes.

“Akan diganti petugasnya, karena langsung melakukan swab tes dan menjalani karantina mandiri sembari menunggu hasil swab,” pungkasnya. [050-HAG]