Trenggalek, [bhayangkaranews.id] – Dua orang petugas kepolisian tertangkap kamera sedang membersihkan sebuah saluran air di Kabupaten Trenggalek. Aksi dua orang Polantas yang merupakan anggota Satlantas Polres Trenggalek ini pun sempat mencuri perhatian masyarakat yang kebetulan melintas dilokasi tersebut. Jum`at, (6/11).

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menyampaikan apresiasi kepada dua orang anggotanya yakni Bripka Didik dan Bripka Totok Setyono tersebut. Menurutnya apa yang telah dilakukan melebihi tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Masih kata AKP Imam, dalam setiap kesempatan baik saat apel pagi maupun kegiatan lainnya, pihaknya selalu menekankan kepada jajarannya untuk peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

“Membersihkan saluran air yang terhambat sampah memang terlihat sederhana, tapi butuh kepedulian untuk melakukan itu. Kita apresiasi dan angkat jempol” Ujar AKP Imam.

Sementara itu Bripka Totok menuturkan, lokasi saluran air tersebut berdekatan dengan Pos pantau lantas yang terletak tepatnya disimpang empat Durenan. Kebetulan dirinya bersama Bripka Didik memang sedang melaksanakan tugas piket di pos tersebut.

Saat itu, pihaknya melihat sampah plastik, kardus hingga botol bekas yang menumpuk di dua pintu saluran air sehingga menghambat aliran air yang biasa digunakan untuk mengairi area persawahan tersebut.

Tak mau berpangku tangan, Bripka Didik dan Bripka Totok kemudian mencari alat seadanya dan mencoba mengambil satu persatu sampah yang menyumbat pintu air. Bahkan seorang warga setempat juga turut serta membantu menggunakan bilah bambu panjang.

“Saat ini kan sudah mulai musim hujan. Kemudian beberapa hari terakhir juga banyak terjadi bencana alam di beberapa daerah. Kami bersihkan saluran air biar lancar dan ndak banjir” Ujar Bripka Totok

 

Senada, Bripka Didik mengatakan, saat melihat tumpukan sampah tersebut, pihaknya langsung tergherap untuk membersihkan mengingat saat ini memang sudah masuk musim penghujan. Selain itu, jika dibiarkan tentu tidak sedap dipandang dan bisa membawa penyakit.

“Alhamdulilah tadi dibantu seorang warga. Sekarang sudah bersih dan air mengalir lancar” Ucapnya.

Arif salah satu warga Trenggalek yang kebetulan mengetahui kejadian tersebut menuturkan, pihaknya mengaku salut dengan dua pertugas Satlantas yang rela bersusah payah membersihkan saluran air.

“Iya mas, salut. Itu pak polisinya tadi sampe gelantungan mungutin sampah biar bersih dan airnya lancar. Semoga menjadi berkah.” Ujarnya. [001-HTR]