Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Guna Percepatan Penanganan Bencana

Pemkab Cianjur, Jawa Barat akan menyiapkan gudang logistik bencana alam di wilayah Cianjur bagian selatan.                   

Dudi Sudrajat Abdurrachim selaku, Pjs Bupati Cianjur,  menuturkan bahwa gudang logistik bencana itu disiapkan sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana, khususnya di wilayah Cianjur bagian selatan. 

Lanjut Dudi, satu di antara wilayah yang memiliki kerawanan bencana cukup tinggi dan memiliki kondisi geografis yang cukup terjal.

“Kita akan siapkan gudang logistik, baik peralatan maupun bahan makanan. Sehingga bila terjadi bencana, penanganannya dapat segera dan cepat,” jelasnya. Pada Kamis,12/11/20.            

Dimana menurutnya, keberadaan gudang logistik tersebut sangat penting sehingga ketika terjadi bencana tidak perlu menunggu dari pusat Cianjur Kota.

“Sedang dipikirkan, kita akan bikin kajian akademik. Nanti kita akan usulkan ada kelembagaan, orangnya dan kelengkapannya,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kabupaten Cianjur cukup berpotensi tinggi terhadap risiko kerawanan bencana. Semua jenis bencana nyaris ada di wilayah itu karena kondisi geografisnya. Bisa disebut, Kabupaten Cianjur sebagai ‘etalase’-nya bencana di Indonesia.

Mochamad Irfan Sofyan selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, menuturkan bahwa, ada 10 jenis bencana yang berpotensi terjadi di Kabupaten Cianjur.

Kesepuluh jenis potensi bencana itu terdiri dari tsunami, gunung berapi, tanah longsor, pergerakan tanah, banjir, banjir bandang, kekeringan, angin puting beliung, gempa bumi, serta kebakaran hutan dan lahan pungkasnya. [050-HAG]