Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Guna menangani lemahnya perekonomian dan lesunya penjualan hasil pertanian pada masa pandemi Covid-19, Dinas   Pertanian dan Holtikultura (Dispertan) Kabupaten Cianjur memberikan peluang bagi para petani untuk menjual hasil tani dengan mengadakan bazar murah di halaman Dispertan Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan setiap Jumat dari pukul 8.00 WIB hingga 11.00 WIB.
 
Mamad Nano,selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, menuturkan, bazar tersebut sudah lama dan rutin dilaksanakan. Tujuannya guna membantu pemasaran hasil produksi pertanian, hasil para petani dan kelompok tani.
 
“Jadi sedikit banyak bisa terbantu, selain itu kita membantu mempromosikan berbagai produk, jangan sampai ada produk tapi tidak terbantu,” paparnya.
 
Sehingga masyarakat Cianjur maupun yang luar dari Cianjur bisa tahu dan mendorong agar orang Cianjur mencintai produknya hasil petani dan para petani bisa terbantu secara bertahap.
 
“Saya merencanakan membuatkan stand lagi. Jadi kalau hari hari biasa dipakai parkir motor, khusus untuk hari Jumat di pakai untuk bazar. Ini diupayakan rutin setiap hari Jumat, bahkan tidak hanya produk pertanian, ada beberapa dari UMKM dipersilahkan untuk mengikutinya  Jadi kita terbuka untuk membantu, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, pasaran lesu nah ini kan perlu di bantu,” jelasnya.
 
Mengenai harga  justru lebih murah, karena kelompok petani langsung yang menjualnya.
 
“Petani langsung yang mendatangkan produknya secara langsung. Harga lebih murah, kualitas lebih segar, higenis karena dari kebunnya langsung,” jelasnya.
 
Untuk para petani lain yang ingin bergabung dipersilahkan serta tanpa ada pungutan biaya apa-apa murni membantu para petani atau pedagang. Ujarnya.
 
“Kami berharap ke depan bisa lebih berkembang, karena ini kan hanya sebagai awal saja kita memfasilitasi dan memotivasi saja. Kemudian ke depan misalkan ada bentuk pasaran untuk bazar-bazar tertentu ya silahkan saja. Kita intinya hanya untuk memfasilitasi saja,” pungkasnya. [050-HAG]