Jakarta, [bhayangkaranews.id] - Korps Brigade Mobil atau Brimob Polri  didirikan pada tanggal 14 November 1945. Artinya Brimob Polri akan merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-75 pada Sabtu, 14 November 2020 hari ini.

Klik Lihat Kegiatan Virtual HUT Brimob Ke-75 - 14 November 2020

Pasukan Korps Brigade Mobil Brimob adalah satuan unit karir personil Polri yang menjadi kebanggan masyarakat Indonesia, sesuai pesan KAPOLRI Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. via situs resmi polri.go.id, Kepada masyarakat mari kita dukung upaya-upaya untuk mewujudkan Polri yang lebih profesional dan amanah. Berbagai pengalaman berbangsa dan bernegara selama ini, tentunya akan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua dalam upaya melanjutkan reformasi Polri. Kami membuka diri, menampung aspirasi dan pandangan dari semua elemen masyarakat, untuk mendudukkan Polri menjadi pelindung dan pengayom bagi segenap warga bangsa.

Kami tidak hanya akan selalu bekerja profesional, yakni mendasarkan kinerjanya kepada ilmu pengetahuan dan sistem hukum yang berlaku, tetapi juga amanah, akuntabel kepada pemangku kepentingan antara lain dengan menggunakan kewenangannya secara bijak dan santun pada masyarakat yang kami layani.

Polri milik kita. Mari kita jadikan Polri seperti yang kita dambakan.

Melihat pesan Kapolri tersebut dapat mengingatkan masyarakat dalam  sejarah lahirnya Korps Brimob Polri sebagai pelaksana utama Mabes Polri yang khusus menangani kejahatan berintensitas dan berkadari tinggi dalam gangguan ketertiban dalam negeri. Kehadiran  Korps Brimob Polri memiliki sejarah panjang dalam pengabdiannya membela dan menjaga keutuhan NKRI.

Korps Brimob Polri hingga kini telah berdiri selama 75 tahun menjadi salah satu kebanggan Bangsa Indonesia yang memiliki Pasukan Korps Brigade Mobil (Brimob) dan telah dibekali kemampuan khusus seperti anti teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif).

Pasukan ini dalam melaksanakan tugas sering kali tidak diberitahukan identitasnya secara luas untuk menjaga kerahasiaan, keamanan, keselamatan pribadi dan keluarga.

Pada Hari ulang tahun ke-75 Brigade Mobil (Brimob) dirayakan pada 14 November 2020 Korps Brimob Polri tetap semangat berbagai kegiatan dilakukan, baik secara langsung, maupun virtual karena pandemi Covid-19. di berbagai daerah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Korps Brigade Mobil (Brimob) memperingati hari jadi mereka pada 14 November 2020. Sejarah berdirinya Brimob bermula sejak tahun 1943-1944 pada masa penjajahan Jepang. Brimob awalnya bernama Polisi Istimewa dan dibentuk oleh Mohammad Jasin. [Red]