Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Terkait Pemilihan Calon Bupati dan wakil Bupati Cianjur 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Cianjur, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pacet melakukan pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Pacet.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pacet, Farhan Muhammad  Ridwan mengatakan, giat ini berkenaan Pilkada Cianjur 2020, dan sesuai tahapan rekrutmen penjaringan calon PTPS yang dinyatakan lulus secara administrasi maupun peraturan yang berlaku.

“Maka, kami Panwaslu Kecamatan Pacet melakukan pelantikan sekaligus godog bimbingan teknis dengan  menerapkan protokol kesehatan,” ujar Farhan kepada media di Wisma Sinar Kasih, Pacet, Senin 16/11/20.

Lanjutnya, giat ini diikuti 216 dan dibagi 5 pertemuan atau sesi dalam sehari. Tiap desa jumlah PTPS berbeda-beda tergantung TPS yang ada di desa. Materi yang diberkan dalam Bimtek ini  antara lain tugas dan kewenangan kode etik TPPS dan dilanjutkan dengan  diskusi.

“Setelah Bimtek acara dilanjutkan pada bada azhar dengan acara sosialisasi,” jelasnya.

Meskipun Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) belum dibentuk, diharapkan PTPS bisa konsisten dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Tetap mengawal proses pengawasan hingga paska pemilu Kepala Daerah.

“Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” pungkasnya. [050-HAG]