Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas guru dan tenaga kependidikan madrasah melalui pelaksanaan asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah, kami laksanakan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah (AKG, AKK, dan AKP) pada hari ini  Kamis, tanggal 19 – 23 November 2020, Bertempat di MTsN Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.Lanjutnya.  
          
Diketahui bahwa Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional. Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Kementerian Agama menyelenggarakan layanan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. 

Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Fokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah. 
              
Dengan hal tersebut ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah guna mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis. Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).


Waktu pelaksanaan 

1. Sesi Normal (Hari Kamis dan Sabtu tanggal 19 dan 21 Nopember 2020) :
- Waktu Sesi 1 : 08:00 - 10:00 WIB
- Waktu Sesi 2 : 11:00 - 13:00 WIB
- Waktu Sesi 3 : 14:00 - 16:00 WIB

2. Pengecualian Untuk hari Jum’at, 20 November 2020 :
- Waktu Sesi 1 : 07:00 - 09:00 WIB
- Waktu Sesi 2 : 09:15 - 11:15 WIB
- Waktu Sesi 3 : 14:00 - 16:00 WIB

3. Bagi peserta laki-laki, yang kena sesi 2 di hari Jum'at, bisa melaksanakan sholat Jum'at di sekitar lokasi TA

Untuk Sasarannya kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah ini adalah  sebagai berikut:        
Guru MI 182.125  
Guru MTs 120.547 
Guru MA 54.873 4. 
Kepala Madrasah 82.270 5.   
Pengawas Madrasah 3.659   

Guna mencegah wabah covid-19 Dalam kegiatan tersebut pihak kemenag cianjur  memberikan himbauan untuk selalu ingat akan pesan ibu  Jangan Lupa Cuci Tangan, Selalu Gunakan  Masker dan Hindari Kerumunan terakhir Jaga Jarakmu. Pungkasnya. [050-HAG]