Nias, [bhayangkaranews.id] - Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Tetehosi,  Ibukota Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Selasa 24-11-2020 malam. Akibatnya 14 unit rumah warga dilaporkan ludes terbakar. Namun pada peristiwa itu tidak ada  korban jiwa.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 23.45 WIB pada Selasa 24-11-2020. Sedangkan sumber api diduga berasal dari rumah yang sekaligus sebagai bengkel sepeda motor milik Syukur Zebua alias Ama Gibran. Salah seorang saksi mata, Ibezaro Saoiago yang berprofesi sebagai security di Kantor Unit Pegadaian Kecamatan Idanogawo menuturkan, saat dia sedang melaksanakan piket jaga di kantor pegadaian yang berhadapan dengan rumah korban Syukur Zebua alias Ama Gibran, sekira pukul 23.45 WIB melihat ada nyala api dari celah dinding rumah yang juga digunakan sebagai bengkel tersebut.

Pada waktu hampir bersamaan, tetangga dari Syukur Zebua bernama Saharman Zebua alias Ama Iman juga melihat api dari rumah korban dan berteriak memberitahu pemilik rumah bahwa ada api dari dalam bengkel Setelah Syukur Zebua membuka pintu bengkelnya, warga berusaha memadamkan api yang dengan cepat sudah mulai menjalar ke dinding rumah yang terbuat dari papan.Upaya warga untuk memadamkan api tidak membuahkan hasil, justru api semakin membesar dan menyambar rumah di sebelahnya milik Alhamudulillah Gea alias Ama Ardian.Dari rumah Alhamdulillah Gea yang sehari-hari digunakan sebagai bengkel las, terjadi ledakan kuat diduga bersumber dari tabung las karbit milik korban.Pada waktu kejadian, angin berhembus sangat kencang sehingga api terus menyambar rumah warga lainnya yang posisinya berdempetan dan rumah warga lainnya semi permanen dengan material sebagian besar menggunakan kayu dan papan sulit dipadamkan.

Sekira satu jam kemudian satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Nias tiba di lokasi. Namun upaya dari petugas pemadam kebakaran tidak dapat memadamkan api.

Berselang satu jam kemudian, dua unit  mobil pemadam BNPB juga tiba di lokasi dan berjibaku untuk memadamkan api. Sekira pukul 02.30 WIB, Rabu 25-11-2020 dinihari, api berhasil dipadamkan namun sebanyak 14 rumah warga termasuk milik Sekda Kabupaten Nias, Drs. Firman Yanus Larosa telah rata dengan tanah;

Kapolres Nias, AKBP Wawan Iriawan, S.IK yang dikonfirmasi melalui Ps. Paur Humas, Aiptu Yansen Hulu, Rabu (25/11) membenarkan peristiwa kebakaran yang teradi Desa Tetehosi  Ibukota Kecamatan Idanogawo.Yansen Hulu mengatakan, akibat peristiwa kebakaran tersebut sebanyak 14 unit rumah warga termasuk rumah Sekda Kab. Nias semuanya hangus terbakar. Namun belum ada laporan jatuhnya korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Kerugian materi juga belum bisa dipastikan namun diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Sedangkan penyebab kebakaran, saat ini polisi masih menlakukan penyelidikan dengan mengumpulkan sejumlah barang bukti. [057-SH]