Cianjur, [bhayangkaraNews.id] - Ratusan Petugas yang melakukan Sortir &  Lipat Surat Suara di Kabupaten Cianjur menjalani Rapid Test betempat di Gedung Gelanggang Muda (GGM) Cianjur. pada Jum'at 13/11/30.                             

dr. Yusman Faisal, selaku Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 400 alat rapid test.

Pemeriksaan rapid test bagi para petugas sortir lipat surat suara itu,  dilakukan guna mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19.

“Kami siapkan 400 alat rapid test yang akan digunakan kepada 300-an petugas sortir dan lipat surat suara. Kami sengaja siapkan alat lebih,”  pada  Jumat,13/11/20.

Pelaksanaan rapid test itu, sebut Yusman, dilakukan oleh petugas dari tiga puskesmas, yaitu Puskesmas Cianjur, Nagrak, dan Muka serta dibantu petugas dari dinas kesehatan setempat.

“Ada sekitar 20 orang petugas kesehatan dari tiga puskesmas yang dilibatkan dalam proses pemeriksaan rapid test tersebut,” jelasnya.

Apabila ada calon petugas sortir dan lipat surat suara yang kedapatan reaktif, akan langsung dilakukan pemeriksaan tes usap (Swab).

“Sesuai kesepakatan, jika ada yang reaktif akan langsung dilakukan swab test. Pihak KPU akan langsung mengganti dengan petugas yang baru,” ujarnya.

Selly Nurdinah, selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur,  menyatakan, bahwa proses sortir dan lipat suara akan langsung dilakukan dengan melibatkan sedikitnya 300 petugas.

“Kami targetkan mulai Sabtu ini, proses sortir dan lipat surat suara langsung dilakukan. Ada 300 petugas yang dilibatkan, mereka juga akan menjalani dulu pemeriksaan rapid test,” Jelasnya.

Selain menyiagakan personil TNI-Polri dalam pengamanan surat suara, sambung Selly, pihaknya juga memasang sejumlah kamera pengawas (CCTV) di area gudang penyimpanan.

“Personil TNI-Polri dengan dilengkapi senjata lengkap, juga untuk di area gudang kami lengkapi dengan CCTV untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan,” pungkasnya. [050-HAG]