Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas gencar melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke berbagai unsur masyarakat, sejak awal November hingga mendekati pemilihan Desember mendatang.

Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan SDM PPK Cipanas             Deden Permana, menuturkan bahwa pesta demokrasi Pilkada ini akan berhasil tergantung dari paritisipasi masyarakat.

Meski dalam perhelatannya Pilkada ini digelar di masa pandemi, namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena segalanya sudah diantisipasi dan sudah diatur dari pengamanan penyebaran virus Corona.

“Jadi masyarakat tidak perlu cemas, karena PPK dan PPS sudah mendesain tempat pemungutan suara sedemikan rupa, termasuk menyiapkan petugas khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat. Termasuk disediakan bilik khusus bagi pemilih tersebut,” ujarnya.

Dirinya menyebut, ada sembilan basis untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat (Parmas) pada Pilkada Cianjur nanti. Oleh karenanya, hal tersebut pula yang menjadi target parmas sebesar 75 persen.

“Target tersebut merupakan target yang dicanangkan oleh KPU Cianjur, mengingat saat ini Pilkada digelar pada era new normal pandemi Covid-19. Sedangkan target partisipasi pemilih yang diproyeksikan oleh KPU RI sebesar 77,5 persen,” ungkapnya.

Selain itu dijelaskan pula bahwa, sembilan basis tersebut diantaranya pemilih pemula, pemilih penyandang disabilitas, pemilih keagamaan, pemilih perempuan, pemilih komunitas, keluarga, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal dan pemilih muda.

“Jadi kami dari PPK Cipanas akan terus melakukan sosialisasi ke semua unsur masyarakat. Termasuk yang sembilan basis tadi,” terangnya.

Untuk harapannya, sosialisasi yang dilaksanakan PPK ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. Dari targetan sebelumnya yakni Pileg itu 67 persen, kini di Pilkada ini minimal targetnya 75 persen.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih antusias dalam melakukan hak pilih, khususnya di Kecamatan Cipanas yang berjumlah 73.100 daftar pemilih tetap atau DPT,” tandasnya. [050-HAG]