Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mulai melaksanakan proses sortir dan lipat surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020. Proses sortir dan lipat surat suara yang dilaksanakan  di Gedung Generasi Muda (GGM), Jl. Ir H Djuanda, Panembong, Cianjur sekitar 300 relawan dibawah pengawasan ketat personil TNI-Polri dan Bawaslu Cianjur.

Selly Nurdinah, selaku Ketua KPU Kabupaten Cianjur,  menuturkan bawa pelaksanaan sortir dan lipat surat suara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang cukup ketat.

“Untuk mencegah penyebaran covid-19 KPU tetap memerhatikan protokol kesehatan. KPU telah menyediakan APD berupa sarung tangan dan face shield bagi masing-masing petugas,” ungkapnya pada, Sabtu. 14/11/20.

Lanjutnya, rencananya kegiatan tersebut akan dilakukan selama tiga hari yakni sejak Sabtu hingga Senin (14 - 16 /11/ 20).

“Sebanyak 300 orang atau relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan 1,6 juta lebih surat suara untuk Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Cianjur yang digelar pada 9 Desember mendatang,” jelasnya.

Di hari pertama sortir dan lipat suara ini, dimana sebelumnya KPU juga memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada petugas terkait sortir dan lipat suara yang baik.

Dirinya berharap agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar,  menghimbau kepada petugas untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker baik saat melakukan tugas maupun dalam keadaan istirahat di luar ruangan. Pungkasnya tampak hadir pada acara tersebut  Pjs. Bupati Cianjur H. Dudi Sudrajat Abdurachim,

Dirinya menyampaikan bahwa “Saya datang ke sini terutama untuk memastikan dipatuhinya protokol kesehatan dalam pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara ini. Karena kita tentunya tak ingin muncul klaster baru dalam penyebaran Covid-19,” 

Dari apa yang dilihatnya, Dudi bersyukur pengerjaan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada itu dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. “Mudah-mudah penerapan protokol kesehatan seperti ini tidak akan kendor hingga Pilkada Cianjur selesai ” pungkasnya. [050-HAG]