BALI, [bhayangkaranews.id]  – Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan peninjauan pelaksanaan operasi lilin 2020 di Bali pada Sabtu (26/12/2020). Peninjauan ini dalam rangka memastikan pengamanan libur natal dan tahun baru (Nataru) sekaligus menggelar swab antigen random check.

Kakorlantas didampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Dirlantas Polda Bali Kombes Indra, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan dan Dirut PT Jasa Rahardja Budi Raharjo.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan Korlantas Polri bersama Polda Bali dan PT Jasa Rahardja bekerja sama menggelar swab antigen gratis sebanyak 500 alat Swab antigen disiapkan untuk mengakomodir masyarakat yang ingin swab antigen, mengingat masyarakat yang keluar-masuk Bali harus membawa surat keterangan hasil swab.


“Saya mengunjungi Bali dan melihat pelaksanaan operasi lilin di wilayah Polda Bali. AI ini Polda Bali melaksanakan swab antigen gratis di area Kuta. Tujuannya apa karena di daerah ini daerah kerumunan, titik-titik belanja,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.


Istiono mengatakan di lokasi ini adalah lokasi yang cukup ramai dengan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Istiono menyebut masyarakat antusias melaksanakan swab antigen untuk mengecek kesehatannya.


“Banyak kesadaran mereka untuk memeriksakan (kesehatan) dirinya. Ini sangat bagus. Karena untuk masuk Bali itu harus pakai syarat swab antigen,” ujarnya.

“Ini akan dilakukan random khususnya untuk mereka yang merasa kesehatannya kurang enak. Bisa langsung di cek swab antigen, cuma 15 menit dan dapat surat keterangannya langsung,” jelasnya.

Dalam kunjungan ini, Istiono juga meninjau kesiapan anggota lalu lintas jajaran Polda Bali dalam melaksanakan operasi lilin 2020. Istiono memastikan tidak ada kejadian menonjol selama pelaksanaan operasi lilin 2020 yang digelar sejak 21 Desember ini.

“Tempat wisata yang meningkat itu dominan ke Jawa tengah, tapi Bali juga meningkat. Sejauh (pelaksanaan operasi lilin 2020) ini tidak ada kejadian yang menonjol,” pungkasnya. [001-R/HP]