Biro Nias Utara, [bhayangkaranews.id]Beberapa administrasi yang sudah menjadi hak sebagai pengawas Tempat pemungutan Suara (PTPS) pada pemilihan kepala daerah hari ini (9/12/2020) di kabupaten Nias utara khususnya. 
Seperti uang transportasi pada kegiatan bimtek, uang makan pada hari H atk dan lain sebagainya.
 
seperti yang sudah di janjikan pada bimtek terakhir (4/12/2020) jumaat yang lewat, dengan ditambah pemberitahuan dari WAG PTPS kecamatan Afulu.

Sehingga PTPS mendatangi kantor Panwaslu kecamatan, sejak siang sampai malam hari pada (8/12/2020) sehingga, kecewa dan beberapa orang dengan nada kesal lebih baik mengundurkan diri sebagai pengawas .

Saat dikonfirmasi kepada kepala sekretariat Panwaslu kecamatan Afulu Masaari zalukhu Selasa sore (8/12/2020) mengatakan, "Itu segala uang belum kami terima tadi pagi. Kami berangkat dari Afulu jam 07.00 WIB menuju Bawaslu di lotu, karena capek menunggu, kami pulang. Segala uang itu masih tertahan di Bawaslu," ujarnya kepada sejumlah PTPS saat dia datang dari lotu. 

Berbeda keterangan dengan Ketua Bawaslu kabupaten Nias Utara Memori Zendato saat di konfirmasi melalui Via selulernya dan WhatsApp nya mengatakan kalau hari ini Selasa (08/12/2020) di cairkan.
 
"Masalah transportasi dan uang makan, hari inilah itu dicairkan. Dan untuk penyaluran, itu  kewenangan masing-masing pihak Panwascam setiap kecamatan Ungkapnya. [057 –SH]