CIANJUR,  [bhayangkaranews.id] -  Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah yang diadakan secara serentak pada tahun ini berjalan dengan Aman dan Damai namun pada pesta demokrasi serentak tahun ini ada salah satu dari pasangan calon yang dilaporkan melakukan kecurangan PilKada Cianjur (Rabu,9 Desember 2020),  saat ini sedang memasuki Tahapan Penghitungan Suara, Publik masih menunggu Rapat Rekapitulasi Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten, yang menurut rencana akan digelar pada Hari Selasa, 15 Desember 2020. Nanti

Dalam kesempatan yang yang tepisah, ada Warga Negara Indonesia (Cianjur) berinisial HM (Senin, 14/12/20), sekitar jam 16.00 WIB,  melaporkan PLT.Bupati Cianjur (HS), ke BAWASLU Cianjur, atas dugaan Pelanggaran dan  Penyalahgunaan Wewenang, Program dan Kegiatan dalam PILKADA Cianjur, sesuai dengan Pasal 71, Undang-Undang No.10 Tahun 2016.

Sesuai PerBawaslu RI No.08 Tahun 2020, Saksi Pelapor HM (38 th) didampingi oleh ABDUL KHOLIK,SH,dkk dari Tim Advokasi PilKada Bersih (TAPB), yang terdiri dari beberapa Advokat dan Aktivis Pro Demokrasi.

Dari PELAPORAN Warga (HM) ke BAWASLU Cianjur ini, dengan Tanda Bukti Penerimaan Laporan, Nomor : 16/LP/PB/KAB/13.15/XII/2020 (Formulir A3), bisa dikaji dan diungkap oleh BAWASLU Cianjur, apa ada unsur Penyalahgunaan Kewenangan, yang dilakukan oleh PLT.Bupati Cianjur.  Diharapkan Proses Penegakkan Hukum dan Demokrasi, dalam PILKADA Cianjur, bisa berjalan sesuai dengan Peraturan Perundangan-Undang yang berlaku di Wilayah Hukum Republik Indonesia.

Laporan dari Warga (HM), terkait dugaan Penyalahgunaan Kewenangan Plt.Bupati Cianjur (HS),  diterima langsung oleh Ketua BAWASLU Cianjur (Usep Agus Zawari), didampingi Anggota (Tatang Sumarna) dan Yuyun Junardi.

Demikian, dengan harapan PilKada Cianjur berlangsung dengan JURDIL  dan LUBER.

Cianjur, 14 Desember 2020. Yang disampaikan oleh Koordinator TAPB, ABDUL KHOLIK, SH. Yang ditembuskan ke Ketus BAWASLU RI, Ketua KPU RI, Ketua DKPP RI, Ketus BAWASLU Prov.Jawa Barat, Ketua KPU Jawa Barat, Ketua KPU Cianjur, Pemantau Pemilu, Media Cetak/Elektronik.  [050-HAG]