Cianjur,[bhayangkaraNews.id] - Perhelatan pilkada serentak di Indonesia, tinggal dua hari lagi. Kepolisian Polda Jabar sudah siap siaga untuk mengamankan pilkada serentak di tujuh daerah di Jabar, yang akan melaksanakan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Polda Jabar sendiri, menyiagakan personel sekitar 6.975 personel, yang disebar ke tujuh daerah. Salah satunya, Polisi siaga TPS.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago menjelaskan bahwa personel Polri yang disebar ini untuk menjaga TPS (tempat pemungutan suara) di tujuh daerah kota dan kabupaten yang melaksanakan pilkada serentak. "Kita sebar personel, untuk pengamanan Polisi siaga TPS, di sini ada jumlah personel dan PAM TPS, masing-masing untuk polres Bandung itu sebesar 693 personel, Polres Karawang 943 personel, lalu Polres Cimahi 100 personel, "  jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago, pada Senin 07/12/20. Selanjutnya, untuk pengamanan di wilayah Polres Sukabumi Kota 395 personel, kemudian Polres Sukabumi 883 personel kemudian Polres Indramayu 796 personel.

"Di Cianjur, itu personel Polres Cianjur 1.340 personel dan Polres Tasikmalaya Kota 636 personel dan Tasikmalaya 582 serta Polres Ciamis 607 personel," jelasnya.       

Personel Polri saat ini, sekarang masing-masing sudah persiapan untuk ditempatkan atau pergeseran ke TPS.

"Sudah pergeeseran ke TPS, jadi petugas yang ke TPS sudah dilakukan tes swab maupun rapid test ataupun tes antigen. Jadi sudah dilaksanakan.

Nanti setelah pelaksanaan pilkada nanti tanggal 9, anggota-anggota yang terlibat dalam pengamanan TPS itu akan di-rapid kembali," paparnya.

Selain menjaga TPS, personel Polri juga melakukan penjagaan di kantor KPU Daerah setempat.        "Dijaga juga kantor KPU, semuanya sudah diplotting oleh polres masing-masing, di mana kekuatan TPS-nya kemudian nanti penyimpanan kotak suara, itu sudah disetting dalam rangka pengamanan Pilkada serentak, juga" pungkasnya. [050-HAG]