Cianjur, [bhayangkaraNews.id] - Kepolisian sektor (Polsek) Pacet menggelar sunatan/khitanan gratis bagi warga di wilayah Cipanas, dan Kecamatan Pacet, pada Sabtu (5/12/2020) di Mapolsek Pacet, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria. SIK. MSI. MIK mengatakan, sunat gratis yang dilaksanakan ini berawal setelah mendapati beberapa informasi dari masyarakat atas dampak Pandemi Covid-19 warga. Khususnya bagi mereka yang sangat membutuhkan khitanan para putranya.

“Jadi masyarakat khususnya warga yang kurang mampu, kami berinisiatif untuk menggelar khitan gratis ini. Dengan tetap dibatasi sebanyak 25 anak, untuk menjaga protokol kesehatan di masa Pandemi ini,” jelasnya Sabtu 05/12/20.

Kendati dalam pelaksanaannya masih dibatasi hingga 25 anak, akan tetapi ujar AKP Galih, antusias masyarakat lebih dari itu. Bahkan dua kali lipat hingga tiga kali lipat keinginan warga yang memerlukan khitan gratis ini.

“Jadi karena antusias warga yang membutuhkan cukup besar, kita akan membuat sunat gratis lagi insya Allah di bulan depan. Sehingga keinginan warga khususnya Cipanas, Pacet Cianjur ini terpenuhi,” paparnya.

Selain itu, ia menyebut, dalam pelaksanaan khitan, anak-anak yang berumur dua tahun sampai 9 tahun bisa mengikuti khitan gratis ini.

“Artinya betul betul kita sasaran untuk orang-orang yang yang sangat membutuhkan. Sehingga tujuan kita meringankan beban mereka bisa tepat,” jelasnya 

Lanjutnya, pelaksanaan khitan gratis pun, jelas tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Mulai dari menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan cek suhu tubuh termasuk pemeriksaan kesehatan.

“Kami bekerjasama juga dengan Puskesmas Sukanagalih Pacet, dan tim medis yang mengkhitan dari Paramadina Jakarta. Alhamdulillah bisa berjalan lancar, dan mudah-mudahan sehat, berkah semuanya,” pungkasnya. [050-HAG]