Cianjur, [bhayangkaranews.id] - Satu unit rumah terbakar hingga menghanguskan hampir seluruh bagian rumah.  Kebakaran tersebut terjadi di Kampung Balakang RT 02/RW 01 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, pada Sabtu 05/12/20 Malam.

Muhammad Lutfi Ramdani selaku Anggota Relawan Tangguh Bencana (Retana) Desa Sindanglaya, membenarkan kejadian kebakaran yang merupakan rumah milik Wan Umar (55) warga Kampung Balakang RT 02/RW 01, Desa Sindanglaya.

“Betul kang, kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh bagian rumah milik Wan Umar (55) yang terjadi sekitar jam 22.00 Wib,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, kronologis kejadian korban berserta tiga anggota keluarganya sedang tertidur pulas, karena cuaca sedang turun hujan. Selang beberapa lama kemudian, Wan Umar mencium bau barang yang terbakar, lalu korban membangunkan anggota keluarganya untuk keluar karena ada warga yang berteriak kebakaran dari luar rumah.

“Korban beserta ketiga anggota keluarganya pun berhasil menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban dari kejadian tersebut. Namun kerugian material ditaksir hingga ratusan juta,” terangnya.             
Lanjutnya , saat peristiwa kebakaran tersebut langsung dilakukan pemadaman oleh masyarakat dengan alat seadanya. Beberapa lama kemudian, akhirnya Tim Pemadam Kebakaran beserta jajaran perangkat Desa Sindanglaya (Bhabinsa, Retana, Sindanglaya Rescue, dan Pramuka Cipanas) datang ke lokasi kejadian.

“Api bisa dipadamkan kurang lebih satu jam oleh warga dan tim Pemadam Kebakaran yang mengerahkan satu unit mobil pemadam.       

Diduga kuat api berasal dari korsleting listrik,” pungkasnya. [050-HAG]