TASIKMALAYA, [bhayangkaranews.id]Pelaksanaan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Ciamis, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., meninjau langsung penerapan protokol kesehatan di kawasan pusat kota Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (14 Januari 2021).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres meninjau bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Yuyun Wahyudi, SH., M.H., dan Kasat Pol PP Kabupaten Ciamis. Selain itu peninjauan ini juga melibatkan beberapa personel gabungan TNI-Polri dan Instnsi Pemerintah Terkait.

Adapun sejumlah lokasi yang ditinjau diantaranya Kantor Bank BRI Cabang Ciamis dan kawasan Toserba Yogya Ciamis. Saat meninjau Kapolres beserta rombongan mengecek sarana prasarana protokol kesehatan, mulai dari tempat mencuci tangan, hingga pengaturan jarak tempat duduk.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., mengatakan, kegiatan hari ini untuk melihat kesiapan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 terlebih saat ini tengah dilakukan PPKM Jawa-Bali. Sehingga diharapkan masyarakat lebih tertib dan disiplin pada diri piribadi masing-masing.

"Sebab pencegahan Covid-19 dari diri pribadi, kita hanya mengingatkan saja untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Sementara untuk sanksi mereka yang melanggar berupa sanksi administratif," kata Kapolres.

Kapolres berharap penerapan PPKM ini menuai hasil perubahan pola pikir masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga status zona merah dapat berubah menjadi kuning dan kembali ke hijau.

"Semoga pelaksanaan penerapan PPKM ini menjadikan sebuah perubahan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab dengan disiplin kita turut serta membantu upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19," tandasnya. [048-HB]