ACEH TENGGARA, [bhayangkaranews.id]LPL Kls  IIB Langsa Gelar Acara pembukaan Rehabilitasi Pecandu Narkoba Tahun 2021 Sekaligus Menutup Rehabilitasi Pecandu Narkoba.

Kegiatan ini di Lapangan Olah Raga LPN, Rabu, (13/1 2021) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh  Kakanwilkumham Aceh, yang diwakili, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Kantor Wilayah  Hukum dan Ham Provinsi Aceh, Nirhono Djatmokoadi, Amd. IP. SH MH, beserta stafnya, Perwakilan  Kapolres Langsa diwakili oleh ,Kasat Bimas AKP. Raja Bangsawan SH, MH, Kajari Langsa, diwakili, Kasi Pidum, Zulhelmi SH, Kalapas IIB IDI, Kakanim Kelas II TPI Langsa, Darory, Kepala BNN Kota Langsa, AKBP H. Basri SH MH.

Kalapas Narkotika  IIB Kota Langsa Herman Anwar, Amd. IP. SH, dalam sambutannya menyebutkan, Rehabilitasi pecandu Narkoba merupakan program dari Kementerian Hukum dan HAM khususnya Direktorat Permasyarakatan dengan tujuan mengembalikan pecandu-pecandu Narkoba yang merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mana nantinya dapat kembali kepada kehidupan yang normal tidak lagi bergantung kepada Narkoba serta dapat dengan segera berbaur kembali dengan masyarakat dalam lingkungan WBP sendirinya juga keluarganya serta berguna bagi bangsa dan negara, ujarnya. 

Progrsm ini kami lakukan  adanya  rehabilitasi ini, untuk lebih baik kedepan apabila nanti para Napi kembali ke masyarakat, ujar Herman.

Lebih lanjut    Kalapas, kami berharap kepada WBP yang telah mengikuti program tersebut ditahun 2020 lalu, nantinya bisa menjadi penggerak/motivator bagi WBP  yang lain, sebutnya, ujar Herman lagi. 

 Kalapas juga  menjelaskan, Program rehabilitasi pecandu Narkoba yang terlaksana ini merupakan yang kedua kalinya dimana pada tahun 2020 lalu Lapas Narkoba Kelas II B Kota Langsa juga telah menjalankan program ini dalam jumlah Ratusan WBP dari Lapas tiga Kabupaten/Kota yaitu dari Lapas IIB IDI Aceh Timur, dari Lapas IIB Kuala simpang Aceh Tamiang, dan Lapas IIB Langsa, ujarnya.

Koordinator Pogram rehab sosial bagi WBP yang juga sebagai Kasi binadikgiatja Lapas Narkotika IIB Kota Langsa, Yopi syahputra S.H, mengatakan, Prorgram ini bertujuanya untuk merubah sikap dan ketergantungan pecandu untuk dapat mengurangi pemakaian adiksi dan memberi semangat bawa mereka bisa tampa narkoba ,serta memotivasi untuk kehidupan WBP yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Sementara itu Sekda Kota Langsa Ir Said Mahdum Majid,  juga  dalam sambutannya menyebutkan, Sebelumnya Permohonan Ma'af Walikota dan Wakil Walikota Langsa Kepada Jajaran Kementerian Hukum dan HAM yakni Kadivpas Aceh, Nirhono Djatmokoadi, Amd  IP. SH. MH, dan Keluarga Besar Lapas Narkotika IIB Langsa serta Para tamu Undangan Sekalian yang mana pada hari ini tidak bisa menghadiri Acara Pembukaan sekaligus Penutupan Program Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Lapas Narkotika II B Langsa, hal ini bukan karena disengaja akan tetapi lantaran memang ada hal yang tidak bisa beliau tinggalkan, maka saya di minta untuk mewakilkan beliau, demikian juga Walikota  titip salam untuk kita semuanya pada acara ini.

Lebih lanjut Sekda juga menyebutkan Pemko Langsa Sangat mengapresiasi dengan apa yang di tunjukkan dan dilaksanakan Lapas Narkotika IIB Kota Langsa ini melalui program Rehabilitasi Pencandu Narkoba, hal ini tentunya selain dapat membangkitkan kesadaran sang Pencandu juga merupakan salah satu program kesehatan dan memacu adrenalin seorang mantan pencandu akan menghindari bahayanya narkoba, Imbuhnya.

Semoga apa yang telah di lakukan oleh para WBP dalam mengikuti Program Ini agar nantinya dapat di jadikan benteng untuk diri sendiri dan dilingkungan nantinya agar masyarakat juga dapat menerima kehadiran saudara-saudara sekalian dengan semestinya, ujar Said Mahdum.

Sentara itu Kadivpas Kumham Aceh, Nirhono Jatmokoadi, Amd. IP SH, MH, menyampaikan, Apresiasi yang sangat pantas diberikan terhadap kegiatan ini dengan menjalankan program rehabilitasi ini dapat membuat para WBP lebih memahami apa itu Narkoba dan Dampaknya baik terhadap diri sendiri maupun kepada Keluarga nantinya, uajr Kadivpas.

Kita mengharapkan dengan  harapan Para WBP senantiasa sehat dan bersemangat menuju kebebasan nantinya dan dapat segera berbaur dengan masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal para WBP sekalian, ujarnya.[066-M]