TASIKMALAYA, [bhayangkaranews.id] Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat agar patuh dan taat menerapkan protokol kesehatan, Polres Ciamis Polda Jabar secara intens memasifkan pelaksanaan operasi yustisi. Pelaksanaan operasi yustisi ini dilakanakan oleh seluruh satuan fungsi dan Polsek Jajaran baik di wilayah Kabupaten Ciamis maupun Pangandaran.

Seperti yang dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Cijulang Polres Ciamis tepatnya di Bunderan Alun Alun Cijulang, pada Selasa (26 Januari 2021). Operasi ini dilaksanakan oleh lima anggota Polsek Cijulang Polres Ciamis.

Kapolsek Cijulang AKP Rahmad Fanani mengatakan, Operasi yustisi ini dilaksankan berdasarkan instruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang pengendalian penyebaran Covid-19 dan atensi pimpinan. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kami tidak akan henti-hentinya menggelar operasi yustisi dalam rangka menumbuhkan kesadaran warga untuk patuh dan taat mempedomani protokol kesehatan. Dengan kedisiplinan warga menerapkan protokol kesehatan, kita turut serta membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Kapolsek.

Selain penindakan langsung, Kapolres menambahkan, personel yang bertugas juga menyampaikan edukasi protokol kesehatan yang 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Selain itu juga disampaikan instruksi Bupati No.1 Tahun 2021 tentang pengetatan wilayah Kabupaten Pangandaran.

"Semoga operasi yustisi yang dilakukan secara intens ini dapat kembali mengingatkan masyarakat bahwa corona masih ada. Sehingga kita dapat terus disiplin melakukan pencegahan dengan selaku menerapkan pola hidup bersih dan sehar serta penerapan protokol kesehatan yang 5M," pungkasnya.

Dalam operasi kali ini, sebanyak 9 warga dilakukan penindakan langsung oleh petugas gabungan lantaran tidak menggunakan masker secara benar. Mereka diberikan tindakan langsung berupa teguran lisan. [048-HB]