TASIKMALAYA, [bhayangkaranews.id]  - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat seluruh Indonesia bersama Presiden Joko Widodo Secara virtual bertempat di Aula Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis, Selasa (05/01/2021).

Dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 584.407 sertifikat tanah yang tersebar di 26 provinsi dan 273 Kabupaten/Kota.

Penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat ini dilakukan baik secara langsung di Istana Negara maupun secara virtual.

Presiden mengatakan penyerahan sertifikat tanah tersebut adalah komitmen yang sudah berulang kali  disampaikan untuk terus mempercepat pensertifikatan tanah di seluruh Tanah Air.

Lebih lanjut, Jokowi mengapresiasi kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara karena mampu menerbitkan sekitar 6,8 juta sertifikat tanah dari target 11 juta karena terkendala pandemi Covid-19.

Diketahui Pada tahun 2016, pemerintah telah menerbitkan  1,1 juta sertifikat, tahun 2017 meningkat menjadi 5,4 sertifikat, tahun 2018 mencapai 9,3 juta sertifikat, dan tahun 2019 berjumlah 11,2 juta sertifikat.

Pada tahun 2020, pemerintah hanya menerbitkan 6,8 juta sertifikat karena terhambat pandemi Covid-19.

Sementara itu Wabup Yana dalam sambutanya  mengucapkan selamat kepada warga yang baru saja menerima sertifikat. Ia mengingatkan agar, menyimpan baik-baik bukti kepemilikan tanah tersebut.

“Masalah tanah adalah sangat penting. Keabsahan kepemilikannya sangat penting. Agar tidak menimbulkan sengketa dan hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Maka dari itu manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya sertifikat tanah ini dan gunakan sebagaimana mestinya, " Ucap Yana.

Yana mengucapkan terima kasih atas kinerja ATR/BPN Kabupaten Ciamis dalam melayani program PTSL karena sangat membantu masyarakat.

“Program ini sangat bagus, Pemkab mendukung penuh dan siap memberikan fasilitasi dan kemudahan untuk kelancaran program PTSL ini serta siap berkooperatif dan berkoordinasi dengan pihak BPN, ” imbuhnya.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi di antaranya Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. Sedangkan Wakil Bupati Ciamis didampingi oleh Kepala BPN Kabupaten Ciamis, Camat Ciamis, Danramil dan Kapolsek Ciamis. [HUMAS CIAMIS, Kepala Bagian Humas, Setda Kabupaten Ciamis Ani Supiani, ST., M.Si. 048-HB]