CIANJUR, [bhayangkaranews.id] – Sudah banyak yang mengetahui bahwa tanggal 9 Pebruari adalah hari Pers / PWI namun banyak yang belum tahu dibalik dari Hari Pers ada sejarah panjang yang patut kita ketahui sejarah lahirnya Hari Pers yang sering diperingati setiap tahunnya dikatahui Untuk tahun ini Hari Pers Nasional 2021 mengangkat tema "Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi". Dalam hal ini, pers diharapkan mampu menyampaikan informasi yang objektif, membangun, dan mengedukasi masyarakat.     

Sebelum Keputusan Presiden No. 5 Tahun 1985 dibuat, Hari Pers Nasional telah digodok pada 1978 sebagai salah satu keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dalam Kongres tersebut, sejumlah tokoh hendak memperingati peran pers nasional dalam sejarah kemerdekaan Indonesia melalui penetapan satu hari bersejarah.

Pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung tanggal 19 Februari 1981, keinginan tersebut mendapatkan titik terang. Dewan Pers menyetujui peringatan untuk pers dirayakan setiap tahun.

Setelah mengalami berbagai dinamika dan permasalahan, Hari Pers Nasional akhirnya resmi diperingati di Indonesia setiap tanggal 9 Februari. Perayaan tersebut digelar setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia dengan berbagai tema.

Pers juga harus membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui pemberitaan edukasi di tengah masyarakat. Di sisi lain, pers juga diharapkan untuk menciptakan kualitas demokrasi yang baik, menangkal hoaks covid-19, dan terus menerapkan etika jurnalistik. Saya Selaku Kabiro Cianjur MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2021 Bangkit dari Pandemi Jurnalis Semakin Sinergi Informasi Terus Menghiasi NKRI.[050-HAG]