TULANG BAWANG, [bhayangkaranews.id]- Kampung Bumi Dipasena Sjahtera Kecamatan Rawajitu timur Tulang Bawang.  Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat atau pun daerah pertahunnya sangat lah Besar. Hal ini diharapkan mampu  menunjang fasilitas dan mensejahterakan masyarakat setempat.

 

Hasil pantauan wartawan media ini  di lapangan kampung Bumi Dipasena Sejahtera pengunaan angaran Dana desa pada tahun 2020 sebesar Rp.895,304,000. diduga ada kejangalan salah satunya  dibidang pembangunan dan bidang penyelenggaraan informasi publik desa sebesar Rp.6,200,000.  Dibidang kawasan pemukiman lainnya yang sesuai dengan kewenangan desa Rp.186.750.000. bidang pemeliharaan gedung /prasarana kantor desa Rp.10.849.800. penyelengaraan desa siaga kesehatan Rp.1.501.298. penyelengaraan paud/TK/TPA/TKA/TPQ/ madrasah nonFormal Rp.18.000.000. pemeliharaan jalan desa Rp.5.000.000. penyelenggaraan belanja siltap Rp. 33.000.000. Semakin kuat dugaan mar uf. dibidang pembangunan. Contoh salah satu cor jalan kampung yang masih proses pengeejaan tidak memiliki bener pagu angaran. Yang mana tidak teranseparan dalam hal pengelolaan dana desa.

Salah satu warga kampung yang tidak ingin di sebutkan namanya Saad ditemui wartawan media ini. Setau saya ini proyek kampung tapi saya ngak tau anggarannya dari mana punya siapa karena tidak ada pagu angaran nya. Karena mereka yang pekerja proyek itu orang dari luar kampung ini jadi kita tidak tau apapa terannya.

 

Tempat terpisah tim coba temui salah satu TPK selaku tim pelaksana kerja dilapangan dia membenarkan itu proyek desa memang tidak memiliki pagu angara. Dengan dalil Masih kita proses mas untuk pembuatan benernya saya kan punya atasan jadi apa yang disuruh ya saya ikut saja.

 

Amraludin selaku PJ kampung yang mana notabennya salah satu setap Kecamatan rawa jitu timur. Sampai saat ini belum bisa di konpirmasi.

 

Kepada pihak itansi hukum yang terkait di tulang bawang agar dapat meng audit ulang Kampung Bumi Dipasena Sjahtera dalam hal pengunaan angaran dana desa. [102-D]