LANDAK- Kalbar (bhayangkaranews.id) Danramil Ngabang Kapten Inf Bambang menghadiri acara Ritual Adat Naik Dango ke XXXVI ( 36 ) yang bertempat di Rumah Radank Aya' Ngabang Goor Patih Gumantar Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak (27/04/2021).

Danramil Ngabang Kapten Inf Bambang mewakili Dandim 1201 / Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan mengatakan dalam tradisi adat Dayak kegiatan Naik Dango ini dilakukan sebagai perayaan ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen padi yang berlimpah.


“Dan semoga di berikan rezeki yang berlimpah dan kesehatan di masa pandemi sekarang ini. Kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” Kata Danramil.

Ia menjelaskan pemberlakuan PPKM mikro dilakukan dengan kriteria zonasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 

"Melaksanakan (5 M), memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurang mobilitas," imbaunya.

Sementara itu, Dalam sambutannya Ketua DAD Kabupaten Landak Hery Saman mengucapkan terimakasih pada seluruh tamu undangan yang hadir dalam Naik Dango ke 36, acara berbeda karena dalam masa pandemi Covid 19 dan kegiatan ini sangat terbatas hanya diwakili dari tiga Kabupaten. 

"Pelaksanaan Naik dango para peserta di lakukan Rapid test sesuai prosedur protokol kesehatan," Ucap ketua DAD.

Ia juga mengatakan, tahun ini acara kegiatan naik Dango hanya dilaksanakan sederhana yaitu hanya melaksanakan ritual adat saja, karena mengingat situasi masih masih dalam masa Pandemi Covid 19, Semoga tahun depan kita bisa melaksanakan naik Dango seperti terdahulu. 

"Walaupun dalam Masa Pandemi Covid 19, Hasil pertanian di tiga Kabupaten Yaitu Landak, Mempawah dan Kuburaya masih baik dan ekonomi masyarakat masih bertahan," Ucapnya (054_R)