Singkawang, Kalbar (Bhayangkaranews.id)  Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo, S.Sos., M.Han bersama Forkopimda Wilayah Singkawang dan Bengkayang ikuti pembekalan PPKM Skala Mikro dan Sosialisasi Aplikasi Silacak. Senin (10/5/21)

Melalui video conference ini bertempat di Ruang Data Makodim 1202/Skw, Jalan Alianyang, Keluraha Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang.

Dalam arahannya Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan adalah melaksanakan sosialisasi PPKM Mikro dan pengenalan aplikasi Silacak oleh Satgas Kesehatan Provinsi Kalbar.

“Selain itu kita juga akan membuat Tim Mobile untuk mengecek keberadaan Satgas PPKM mikro yang sudah terbentuk baik itu tingkat desa maupun tingkat RT dan RW,” terang Pangdam XII/Tpr.


Lanjut Pangdam XII/Tpr menjelaskan, nantinya Tim Mobile yang dibentuk akan mengecek terkait bagaimana kesiapan operasional Satgas PPKM Mikro di tingkat desa, RT dan RW.

“Dan dengan adanya aplikasi Silacak ini dapat membantu ikut serta mengevaluasi tentang sebaran Covid-19 dan bagaimana penanganannya itu yang kita harapkan. Aplikasi ini baru pertama kali, nantinya akan terus menerus disosialisasikan hingga tingkat bawah, harapannya dapat menyasar PPKM skala mikro di tingkat RT dan RW,” jelasnya.

Menaggapi hal tersebut Usai kegiatan, Dandim 1202/Skw mengatakan bahwa hal tersebut merupakan ide dan saran yang tepat dalam memantau update perkembangan Covid-19.

Lanjutnya, Dandim menegaskan kepada satuan kewilayahan benar benar dan nyata melaksanakan tugas menangkal Covid-19 melalui Babinsa yang kreatif lakukan dengan cara yang menarik agar masyarakat mengerti dan memahami bahwasanya Covid-19 bukanlah main main

Dandim mengatakan, “peran serta Babinsa dalam posko penanganan Covid-19 di desa berfungsi untuk pencegahan, pembinaan dan pendukung. Dandim menambahkan Babinsa harus bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat agar lebih memperketat Prokes,” tutupnya.

Hadir pada kegiatan ini, Walikota Singkawang Tjha Chui Mie, SE., MH, Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal, Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, SIK, Perwakilan Kapolres Bengkayang AKP Amir, Kajari Singkawang Edwin Kalampamgan, SH., MH, Perwakilan Kajari Bengkayang Coki, Kadis Kes dan KB Singkawang dr. Barita, Kasat Pol PP Singkawang Drs. Karjadi, M.Si dan Perwakilan Kasat Pol PP Bengkayang Amir. (054_R)