MEDAN, [bhayangkaranews.id] - Demi terselenggaranya secara berkesinambungan Program Kementerian Humum dan HAM dalam pemberian bantuan hukum kepada masyarakat kurang mampu dan sejalan dengan UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan Verifikasi dan Akreditasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara yang dilaksanakan oleh Tim Satuan Kelompok Kerja Daerah yang dipimpin Mualana dan jajarannya untuk melaksanakan proses verifikasi faktual dalam penjaringan calon Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Dalam kesempatan kali ini Tim  Kelompok Kerja Daerah Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara berkunjung untuk melakukan Verifikasi Faktual terhadap Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia (LBH WI) pada tanggal 04 Mei 2021 ke kantornya di Jalan Merak No. 12 Sei Sikambing B Kota Medan.

Kegiatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara melakukan verifikasi faktual ke kantor Organisasi Bantuan Hukum (OBH) merupakan rangkaian kegiatan dari penjaringan calon OBH untuk memenuhi  persyaratan dalam mengeluarkan rekomendasi akreditas OBH kedepannya dalam berkegiatan pelaksanaan pemberian Advokasi Hukum kepada masyarakat yang kurang mampu, diwujudkan melalui OBH yang dinyatakan lulus bekerjasama dengan kemenkumham.

Adamsyah  SH Direktur Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia (LBH WI) saat dikonfirmasi Bhayangkara News di kantornya, mengatakan bahwa LBH WI Sejak dibuka penjaringan untuk calon OBH pemberi bantuan hukum secara online,  Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia telah melengkapi seluruh persyaratan menuju akreditasi yang dilaksanakan dalam 3 tahap, mulai tahap 1 pada 4 Maret 2021 hingga tahapan-tahapnan berikutnya hingga kini Tim Verifikasi Faktual berkunjung ke kantor Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia (04/05)

Adapun yang diperiksa untuk persyaratan Verifikasi Faktual dalam hal ini yaitu kantor atau sekretariat Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia, sarana prasarana kantor, personil LBH WI dan lain-lain.

Lalu Rizki Rahayu Fitri Sekretaris Umum  LBH WI mengatakan sangat senang dan berterima kasih, ketika kedatangan Tim Verifikasi Faktual Kemenkumham ke kantor Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia.

Lalu saat ditanya Bhayangkara News, apa yang membuat Rizki senang dan bahagia atas kedatangan Tim Verifikasi Faktual, Fitri mengatakan dalam beberapa bulan ini saya yang ditugaskan untuk memimpin dan mengorganisir bekerjasama dibantu personil LBH WI dalam melengkapi persyaratan-persyaratan secara online dalam mengupload data secara online yang benar benar administratif sekali hingga ada yang harus direvisi untuk perbaikan dalam hal ini membuat pengalaman kami personil LBH WI semakin meningkat di dalam pengarsipan secara administrative, ujarnya.

Muhammad Yusuf Rangkuti SH Bendahara Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia, menambahkan pernyataan Rizki, menuturkan image dan citra LBH WI akan semakin lebih baik di dalam kinerja advokasi dan pendampingan bagi masyarakat yang kurang mampu dengan lulusnya akreditasi sebagai OBH mitra  Kemenkumham nantinya.

Dilanjutkan ditambahan oleh Adamsyah SH, Direktur  LBH WI Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara mengatakan kedepan nanti lembaga ini rencananya jika lolos verifikasi dan mendapatkan akreditas dalam waktu dekat maka target kerja lembaga akan semakin fokus kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Adamsyah, SH yang didampingi pengurus dan pengawas  berharap dalam proses verifikasi ini sudah tidak ada lagi kendala atau kekurangan baik dari segi administrasi maupun dalam segi fisik/kelengkapan kantor, kami juga berharap bisa lolos dalam verifikasi , oleh kementrian hukum dan HAM” tuturnya

Setelah Tim Verifikasi Kemenkumham beranjak pergi dari kantor Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia, Adamsyah SH Direktur LBH WI didamping Advokat, Paralegal, Staf Administrasi dan Keuangan, Dewan Pengawas melaksanakan diskusi dan mengajak para awak media untuk bisa bersinergis sebagai mitra LBH WI dalam penanganan advokasi dan pendampingan warga Negara Indonesia yang kurang mampu untuk mendapatkan keadilan dalam tahapan masalah berproses hukum sejak awal atau dalam proses di kepolisian hingga ke pengadilan kedepannya.

Pada hari yang sama sore harinya disela diskusi dengan para awak media, kantor Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia dikunjungi Assoc Prof Dr.RAMLAN,SH.,M.Hum  dan Dr. Tgk Erwin Syahbana SH. M,Hum, Akademisi dan sebagai Dewan Pakar Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia.

Pada hari yang bersamaan para awak media juga melakukan konfirmasi terhadap Dewan Pakar LBH WI atas kehadiran kunjungan Tim Verifikasi Kemenkumham yang baru saya beranjak pulang dari kantor LBH WI.

Dr. Tgk Erwin Syahbana SH. M,Hum mengatakan bahwa kehadirannya sore ini bersama  Assoc Prof Dr.RAMLAN,SH.,M.Hum hanya singgah baru pulang dari kampus dan mendapat kabar bahwa Tim Verifikasi Kemenkumham mengunjungi kantor LBH WI untuk melaksanakan verifikasi faktual.

Kehadiran kami hanya memberi support kepada pengurus LBH WI dan kepada Dewan Pengawas, dan Personil LBH WI terdiri dari Advokat dan Paralegal sekaligus mengucapkan terima kasih, dan mohon maaf kami tidak bisa bersama pada saat verifikasi faktual kemenkumham siang tadi, berhubung kami masih di kampus.

Dr. Tgk Erwin Syahbana SH. M,Hum berharap apabila nanti dinyatakan lulus akreditasnya oleh kemenkumham, maka bekerjalah dengan ikhlas dalam advokasi dan pendampingan masyarakat miskin dan kurang mampu untuk memndapatkan keadilan dan Assoc Prof Dr.RAMLAN,SH.,M.Hum  berharap LBH WI lolos verifikasi dan Akreditasi tahun ini agar bisa lebih banyak berperan dan membantu masalah-masalah hukum bagi masyarakat miskin,” Tambahnya

Ditutup Adamsyah SH Direktur LBH WI mengucapkan terima kasih banyak kepada Tim Verifikasi Faktual Kemenkumham yang telah berkunjung ke kantor Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia dalam melaksanakan tugas penjaringan calon OBH yang akan bekerjasama dengan kemenkumham.

Adamsyah SH berharap dengan kunjungan Tim Verifikasi Faktual kali ini dapat memberikan rekomendasi terhadap LBH WI untuk mendapatkan akreditas tahun ini.

Dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran dewan pakar dan dewan pengawas dan dukungan dewan Pembina dalam memberikan semangat kepada pengurus, staf, advokat dan paralegal yang baru selesai siang hari ini (04/05/) menerima kunjungan Tim Verifikasi Faktual dari Kemenkumham. tutupnya.

Diakhiri Adamsyah dengan mengucapkan terima kasih kepada para awak media mitra aliansi startegis yang selama ini sangat membantu pemberitaan Lembaga Bantuan Hukum Warga Indonesia dalam Advokasi dan pendampingan masyarakat miskin. ucapnya [NJR099]