CIAMIS [bhayangkaranews.id] - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) golongan 3 Angkatan III dan IV. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ciamis, Senin (14/06/2021).


Turut hadir secara virtual dalam pembukaan Latsar CPNS, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Drs. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc. Kegiatan Latsar CPNS ini dilaksanakan dari tanggal 14 Juni - 14 Agustus 2021, dengan jumlah peserta berjumlah 79 orang.


Dalam sambutannya Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, latihan dasar merupakan salah satu kewajiban dan syarat CPNS untuk diangkat dan ditetapkan menjadi PNS.


"Latihan Dasar merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diikuti para CPNS, di samping untuk pembentukan karakter juga sebagai upaya peningkatan kompetensi CPNS, " ucapnya.


Selain itu Bupati menuturkan Latsar juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kedisiplinan dan kecintaan terhadap NKRI.


"Ada hal yang lebih mendasar lagi, yaitu ingin menjadikan ASN yang profesional dan bermartabat," jelasnya.


Lebih lanjut Bupati menyampaikan meskipun dalam suasana pandemi covid 19, Pemkab Ciamis sebelumnya telah berhasil melaksankan latsar angkatan 1 dan 2 dengan baik dan tetap mempedomani prokes yang ketat.


"Alhmadulillah latsar angkatan 1 dan 2 sudah dilaksanakan dengan baik dengan mempedomani prokes yang ketat dan semuanya lulus, mudah-mudahan latsar kali ini pun sama para peserta dapat melaksanakan prokes dengan melakukan 5M," paparnya.


Terakhir, Bupati berharap semoga latsar angkatan ke 3 dan 4 ini dapat terlaksana dengan lancar dan dapat memperoleh hasil yang terbaik.


"Maju mundurnya Ciamis beberapa tahun kedepan, berada ditangan anda semua, kalian para generasi berikutnya yang akan meneruskan perjuangan kami". Terangnya


Sementara itu, Kepala BKPSDM Ciamis, Yeyet Trisnayati menjelaskan, tujuan diselenggarakannya Latsar CPNS untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi.


Yeyet mengatakan kompetensi yang dikembangkan dalam pelatihan dasar CPNS merupakan kompetensi pembentukan karakter yang profesional sesuai bidang tugas yang diukur berdasarkan kemampuan sikap perilaku bela negara, nilai - nilai dasar CPNS, kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI serta penguasaan kompetensi teknis.


Adapun untuk pengajar dan narasumber dalam Latsar tersebut terdiri atas widyaiswara dari BPSDM Jawa Barat dan BKPSDM Kab. Ciamis, para pejabat struktural di lingkup pemkab Ciamis dan para pendamping dari unsur TNI.

(HB 048)