CIANJUR [bhayangkaranews.id] - Final dan menjadi Putusan akhir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, terpilih Cecep Alamsyah resmi mulai menjalankan perannya sebagai kepala dari aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Cianjur setelah Resmi Dilantik langsung Oleh Bupati Cianjur H.  Herman Suherman pada Senin 14/6/21. malam di Aula Garuda Pendopo Kabupaten Cianjur.


Pelantikan yang berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB tersebut dihadiri oleh sejumlah kepala dinas dan pejabat lainnya. Pasca dilantik sebagai Sekda Kabupaten Cianjur, dirinya akan melakukan perombakan birokrasi di bawah kepemimpinannya.


Bahkan, dirinya akan merekayasa tata kelola Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Cianjur agar lebih baik kedepannya.


“Karena pada kondisi saat ini perkembangan di masyarakat di Cianjur sangat maju terutama di teknologi informasi itu mengubah nilai budaya sosial ekonomi di masyarakat, situasi ini harus diantisipasi, pemerintah menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” paparnya. 


Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah.


Lanjutnya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Cianjur dilaksanakan dengan waktu yang berdekatan. Ia menyebut hal ini ada komposisi baru meski ‘stoknya’ lama.


“Pak wakil memang baru ini tambahan yang bagus, seharusnya setelah pelantikan bupati proses politik selesai, diganti dengan birokrasi untuk mengkonversi visi misi bupati jadi peogram kegiatan. Kita memformulasikan program itu bisa kita sinergiskan,” terangnya.


Pihaknya memahami parameter kesejahteraan rakyat, tata kelola pemerintahan, dan lain-lain banyak yang sudah dicapai namun hasilnya belum memuaskan karena Pandemi Covid-19.


“Konsep pemerintah itu sudah bergeser ke Sience Goverment, ada pergeseran pemerintah birokrasi dengan publik baik birokrasi atau pihak terkait seperti akademisi insan pers dan LSM yang berkompeten ada bergeseran peran itu yang mempengaruhi kita untuk merekayasa ulang tara kelola,” terangnya.


Bahkan Ia menambahkan, bahwa yang direkayasa adalah mindset ASN, kebanyakan masih memiliki budaya penguasa di ruang lingkup ASN.


“Mental ini harus diubah karena tidak sesuai oleh kondisi saat ini,” paparnya.


Bupati Cianjur H Herman Suherman mengucapkan, selamat kepada Cecep Alamsyah yang telah dilantik.


“Sekali lagi kita harus bersama-sama mengemban bersama-sama, semuanya adalah ASN Kabupaten Cianjur menjalankan visi misi Kabupaten Cianjur,” tegasnya.


Pihaknya meminta kepada seluruh ASN agar memiliki sifat M bukan D. M yakni melayani dan D dilayani. Sehingga, lanjut Herman, tak ada perlakuan spesial dari masyarakat kepada ASN.


“Harus memiliki sifat M bukan sifat D. Melayani bukan dilayani,” pungkasnya (050-HAG)