Komandan Kodim (Dandim) 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi terjun ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.


Hal tersebut dilakukan Dandim karena selaku Dansatgas TMMD Reguler, dirinya merupakan pelaksana teknis pembangunan infrastruktur di Ciandam yang akan bertanggung jawab kepada pimpinan.


Pantauan di lapangan ia berkoordinasi dan memantau jalan yang sudah selesai dicor dengan Kepala Desa Ciandam, Ny Elin, dan bersama jajaran Kodim 0608/Cianjur.


Tak hanya itu, Dandim juga mengecek satu-persatu kualitas hasil pekerjaan. Termasuk campuran adonan semen dan ketebalan jalan beton sepanjang 2.426 meter, lebar 4 meter dan ketebalan 20 centimeter yang masih terus dikebut progresnya.


“Kita tidak main-main melakukan pembangunan di Program TMMD ke 111 di Desa Ciandam. Tak hanya TNI saja, pekerjaan TMMD juga akan diawasi pihak Pemda,” ucapnya.


Ia mengatakan, kualitas pekerjaan adalah yang terpenting bukan kuantitasnya. Hasil pembangunan itu akan dikembalikan kepada Pemerintah Daerah untuk digunakan oleh masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan.

 

“Kualitas pekerjaan pembangunan jalan beserta sarana pendukungnya harus maksimal, sehingga akan awet untuk digunakan masyarakat sebagai akses pertanian maupun distribusi barang,” ujarnya.


Untuk diketahui, dalam program TMMD ke 111 di Desa Ciandam meliputi sasaran fisik. Di antaranya pengecoran jalan, 5 unit pembangunan Rutilahu, 2 unit pembangunan MCK, satu unit pembangunan gorong-gorong, dan rehab masjid.


Sementara, untuk sasaran nonfisiknya, yakni penyuluhan bidang wasbang, kesehatan, pertanian, tibmas dan bakti sosial meliputi pengobatan gratis dan pelayanan KB.


Sementara itu Oon, warga Kampung Babakan Nyalindung, RT 01/02 menilai apa yang dilakukan TNI Kodim 0608/Cianjur merupakan sebuah kegiatan yang tidak boleh dipandang sebelah mata.


“Rasa terima kasih yang pantas saya ungkapkan atas kerja keras TNI dalam membangun desa kami,”kata Oon kepada Dandim saat meninjau Satgas dan warga yang mengecor jalan.


Menurutnya, program TMMD sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan dan menunjang hasil panen.


“Untuk pelaksanaan TMMD di Desa Ciandam saya sangat berharap dapat ditingkatkan lagi agar mencapai hasil yang maksimal. Semoga apa yang telah dikerjakan TNI di desa kami nantinya akan bermanfaat bagi warga kami,” pungkasnya. (050-HAG)