CIAMIS [bhayangkaranews.id] - Peringati hari jadi Kabupaten Ciamis ke-379, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Paripurna Istimewa. Rapat paripurna tersebut digelar secara virtual dari Aula Tumenggung Wiradikusumah DPRD Ciamis, Sabtu (09/06/2021).


Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya secara terpisah mengikuti rapat paripurna tersebut dari Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Dalam sambutannya ia menyampaikan, sebagai upaya bangkit dari situasi pandemi Covid-19 diperlukan optimisme dan kerjasama dalam menegakkan Protokol Kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


“Kita perlu membangun optimisme dan sinergitas kerjasama dalam menegakkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19,” ucapnya.


Menurutnya, meskipun dalam keadaan pandemi pemerintah Kabupaten Ciamis tetap berusaha melakukan kinerja terbaiknya. Karena pandemi Covid-19 bukanlah suatu penghalang dalam upaya pemerintah Kabupaten Ciamis dalam membangun Ciamis tercinta ini.


Sebagai bukti komitmen dalam menjalankan pemerintahan, Pemkab Ciamis telah berhasil meningkat prestasi secara bertahap di 2021. Adapun prestasi tersebut diantaranya diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercapai sebesar 70,49 poin, meningkat sebesar 0,10 poin dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 70,39 poin.


“Kenaikan IPM ini ditunjang oleh angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) sebesar 7,7 tahun. Selanjutnya, angka Harapan Lama Sekolah (HLS) sebesar 14,06 tahun, Usia Harapan Hidup (UHH) sebesar 71,83 tahun dan pengeluaran perkapita sebesar 9.288.000 rupiah,” jelasnya.


Lebih lanjut Herdiat mengungkapkan, pada indeks gini (kesenjangan pendapatan dan kekayaan) yang tercapai sebesar 0,336 poin, lebih baik bila dibandingkan dengan provinsi dan Nasional. 


“Kita mengharapkan situasi dan kondisi ini (pandemi Covid-19) harus dapat teratasi dan menjadi perhatian bersama. Sehingga perekonomian di Ciamis bisa rebound dan bangkit pasca pandemi covid-19,” harap Herdiat.


“Hari jadi menjadi momentum bagi majunya perekonomian Kabupaten Ciamis sesuai visi Kabupaten Ciamis dalam dalam upaya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua. Mari satukan tekad bekerja sama dan bersatu dalam memajukan Kabupaten Ciamis” tambahnya Herdiat.


Sementara itu, Ketua DPRD Ciamis  Nanang Permana mengatakan, meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 semangat optimisme dan bersinergi dalam mengatasi dampak Covid-19 ini harus ditingkatkan.


"Peringatan hari jadi merupakan momentum penting bagi kita dalam menumbuhkan optimisme dan rasa memiliki Kabupaten Ciamis," katanya.


Menurutnya, kebersamaan berbagai elemen masyarakat, jajaran pemerintahan daerah dan DPRD dapat membangun kemajuan Kabupaten Ciamis. Seberat apapun permasalahannya tatkala dilakukan bersama akan mudah diselesaikan.


"Satu tahun lebih pandemi Covid-19 dampaknya sangat terasa, baik bagi kehidupan masyarakat, kegiatan perekonomian maupun aktivitas sosial kemasyarakatan,” ucapnya.(hb048)