Tulang Bawang - Bhayangkara News

Kampung Gedung Asri Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulangbawang (Tuba), Lampung menggelontorkan dana desa (DD) 2021 Rp104,681 juta untuk membangunan drainase dengan panjang 300 meter di RT 19 RW 06.

Kepala Kampung Gedung Asri, Jeri Santama SH, Senin (14/6/21), mengatakan pembangunan drainase itu berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah warga yang bertujuan untuk melancarkan pembuangan air pada musim hujan serta menciptakan lingkungan yang bersih, Indah dan sehat.

“Proses pembangunanya juga melibatkan masyarakat,” kata Jeri kepada Bhayangkaranews.id.

Sejatinya, titik yang bakal dibangun itu telah memiliki ada drainase. Namun kondisinya memerihatinkan karena bentuk dan kedalamannya yang tidak standart.

Akibatnya, saat musim hujan tiba saluran meluap ke jalan. Dampaknya memengaruhi ketahanan jalan. Dampak lain lingkungan ynag kurang sehat.

Kepala Kampung berharap program DD dapat terus berlanjut untuk meningkatkan berbagai sarana dan prasarana infrastruktur di kampung setempat.

“Mudah-mudahan program ini terus berlanjut. Saya juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan program dana desa serta menjaga dan merawat hasil pembangunannya,” harapnya.

Sementara, seorang warga setempat, Pendi Rifai pembangunan drainase tersebut besar manfaatnya bagi warga.

“Manfaatnya besar untuk warga, bila musim hujan tidak terjadi peluapan yang mengakibatkan jalan menjadi banjir serta jalan tidak mudah rusak,” ujarnya.

Seraya berharap DD terus berlanjut agar pembangunan di kampung mereka dapat merata.


( Darmisi - 102 )