Cianjur_ www.bhyayangkaranews.id Dengan Mengusung thema " Tingkatkan Prestasi Dimasa Pandemi,  Semangat di Tengah Persaingan Ketat, Menuju Madrasah Unggul, Hebat, Bermartabat dan Mendunia"

Bertembat di Gedung MTs Assa'idiyyah Cipanas-Cianjur Jl.  Raya Cipanas No.  100/12. pada Rabu, 14/07/21 pukul.  07:30  - 15:30 Wib.

Aef Saepudin. S. Pd.I ,selaku Kepala sekolah MTs. Assa'idiyyah Cipanas. menuturkan bahwa dengan dilaksanakannya Raker ini kita memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan mutu madrasah dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan secara efisien dan efektif  serta membangun komunikasi dan konsolidasi untuk mewujudkan satu kesatuan gerak visi misi dan persepsi serta tujuan dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatan.      

Lanjutnya, dari tujuan tentu adanya sasaran atau target yang diharapkan adapun sasaran yang ingin dicapai yakni diperolehnya semangat kekeluargaan, kebersamaan dan kesamaan pandangan dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs. Assa'idiyyah Cipanas. Secara khusus sasaran dari Rakernas yakni 

a. Digunakannya Rencana Kerja Madrasah (RKam) sebagai bahan acuan untuk pembuatan program dan kegiatan dalam mewujudkan pencapaian Misi dan Visi serta Tujuan MTs.  Assa'idiyyah Cipanas. 

b.  Diperolehnya Informasi secara Menyeluruh dan utuh tentang pelaksanaan dan pelaksana program kerja.

c. Terkoordinasinya kegiatan masing-masing  bidang berdasarkan Standard Nasional Pendidikan (NSP).

 d. Tersusunnya usulan kegiatan dan anggaran untuk masing-masing bidang berdasarkan standar nasional pendidikan (NSP) dengan memperhatikan Sumber Daya yang ada. Yang penting ia menambahkan manfaat dari raker ini antara lain

 1. Bagi Pendidik : 

a.  Memahami berbagai kebijakan penyelengara pendidikan di MTs.  Assa'idiyyah Cipanas Cianjur

 b. Memanfaatkan hasil Raker untuk meningkatkan mutu pembelajaran,  prestasi dan bidang profesi lain dalam semangat kebersamaan hingga dapat meningkatkan mutu pendidik MTs. Assa'idiyyah Cipanas Cianjur.  Dan manfaat untuk yang 

2 bagi Tenaga Kependidikan antara lain :

 a. memahami berbagai kebijakan penyelengaraan Pendidikan di MTs. Assa'idiyyah Cipanas Cianjur. 

b. Meningkatkan kinerja layanan administrasi dan layanan lainnya berdasar komitmen-komitmen baru dengan semangat kebersamaan.  Dan yang terakhir

 ke 3 untuk Madrasah Tsanawiyah Assa'idiyyah sendiri mendapatkan manfaat a) diperolehnya seperangkat pedoman/aturan/komitmen dan program kerja yang efektif dan efisien yang dilaksanakan secara konsisten oleh unsur unit satuan pendidikan (MTs. Assa'idiyyah) dengan semangat kebersamaan 

b)  Diperolehnya masukan-masukan konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik dan non akademik madrasah jelasnya. 

 

H.A. Zaky Zakaria Anshari,  LC., MA. Selaku Ketua YPI Assa'idiyyah Cipanas Menyampaikan pentingnya Akan "Pesan Ibu" masyarakat sekarang kenal dengan 5 M yang mengacu pada  Protokol Kesehatan  yakni 1.Gunakan Masker Saat Keluar Rumah, 2. Mencuci Tangan Dengan Air Mengalir,  Selalu 3. Jaga Jarak dan 4. Hindari Kerumunan. 5. Lakukan Banyak Kegiatan Dirumah.  

Lanjutnya Sebelum pandemi ini yang kita kenal saat ini Corona dahulu zamannya nabi sudah ada yang namanya virus yang mana kalau dipegang saja dia bisa mati hanya memegang.  Beliau menambahkan akan  Pentingnya Tranformasi Digital Sistem Pendidikan Kompensional  yang mana jika kita khususnya di naungan MTs Assa'idiyyah ini tidak melaksanakan sistem ini, maka 2 3 tahun kedepan sistem tersebut akan hilang dan kita tidak akan dapat melaksanakan pembelajaran secara komoensional tersebut oleh sebab itu saya tekankan mari kita pelajari bersama kita angkat dan kembangkan program tersebut di sekolah MTs Assa'idiyyah yang kita cintai, sebelum program tersebut ditelan oleh masa dan dipelajari serta di kembangkan oleh sekolah lainnya.               

Lanjutnya, dipaparkan pula bahwa Untuk saat ini eranya digital 4.0 kita wajib memahami dan mengerti akan pentingnya media sosial dimana hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk proses pembelajaran khususnya bagi bapak Ibu Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran  Baik Umum Ataupun bidang Agama wajib Membudayakan Paham dan mengerti menggunakan Medsos atau Media Sosial.  Ingat bukan untuk pasang status tapi untuk menggali ilmu  dulu kita kenal Gudangnya Imu adalah Buku tapi serang Gudangnya Ilmu adalah Teknologi Digital Lewat Media Sosial Pungkasnya.

Dra. Hj. Ela Suhaela, M. Ag selaku Kepala Bidang Pendidikan YPI Madrasah Assa'idiyyah Cipanas Memaparkan pentingnya akan mutu pendidikan dimasa digital  serta pentingnya bagi Tenaga Pendidik dan Tenaka Kependidikan Setelah menandatangai Fakta Integritas / MOU ada aturan yang perlu dilaksanakan oleh setiap unit yang ada di YPI Assa'idiyyah. Dengan penandatangan kesepakatan yang dilakukan maka mau tidak mau semua wajib melaksanakan aturan dan kewajiban yang telah disepakati bersama.

Tunjukan Kinerja bapak Ibu untuk bisa bekerjasama memajukan sekolah MTs.  Assa'idiyyah Tentu Yayasan sendiri akan selalu memperhatikan dan membantu serta mendukung program kerja yang dijalankan tentunya membangun mutu pendidikan anak didik kita dan untuk kita sendiri sebagai buah hasil dari Iklas Beramal kita dalam bekerja berfikir dan berjihad dijalan allah swt. Untuk mencerdaskan anak bangsa.  Pungkasnya. 

DR. Rudi Ahmad Suryadi, M. Ag selaku Pengawas Kementerian Departemen Agama Kabupaten Cianjur menjelaskan akan pentingnya menguasai program yang mana bagi semua Tenaga pendidik dan Kependidikan Di MTs Assa'idiyyah Cipanas wajib memahami dan mampu menggunakan program khususnya dalam Mapel yang diajarkan kepada peserta didik dikelasnya masing-masing jangan sampai gaptek karna dunia saat ini dikenal dengan dunia digital pungkasnya. (050-HAG)