Perangkat kelurahan beserta seluruh Kepala Lingkungan dan warga lingkungan 22 giat dalam pelaksanaan Gotong royong di Komplek Jahe dipimpin langsung oleh lurah Kelurahan Besar, bapak T.Roby Chairil, S.IP, M.Si.

Red-Medan [bhayangkaranews.id], Rutinitas setiap minggu pelaksana Gotong Royong yang dilakukan perangkat Kelurahan Besar dan seluruh Kepala Lingkungannya berlokasi di Lingkungan 22 "Komplek Jahe"  tepatnya di Jalan Tuar 2 Blok XI Griya Martubung yang di Pimpin langsung oleh bapak Lurah, T.Roby Chairil, S.IP, M.SI. (Sabtu, 10/07/2021)

Dalam pelaksanaan gotong royong tersebut ikut serta juga ibu ibu PKK  dan Remaja Karang Taruna beserta warga yang berada di seputaran pelaksanaan gotong royong. Selain membersihkan pinggiran jalan sepanjang jalan Tuar 2, parit juga menjadi prioritas turut dikorek dan dibersihkan. Antusias peserta gotong royong sangat kelihatan ditandai dengan canda dan tawa sambil melakukan pekerjaannya.

Selain beragenda membersihkan, kegiatan penghijauan juga dilaksanakan yaitu penanaman pohon Jahe Merah di seputaran lokasi gotong royong.

Pada kesempatan yang sama mewakili pegawai Puskesmas Martubung ibu Bidan E. Nainggolan turut berpartisipasi menanam pohon Jahe Merah di halaman warga.

Komplek Jahe yang berada di lingkungan 22 adalah binaan dari Kelurahan Besar. Pemanfaatan lahan kosong dan halaman warga untuk ditanami Jahe sudah lama dilakukan di lingkungan 22 ini. Saat ini Budi daya tanaman jahe dengan sistim tanam di media karung bekas juga sudah dilakukan dengan lebih dari 1.000 karung media tanam, tepat nya memanfaatkan lahan kosong diseputaran Masjid Istiqomah.

"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan warga lingkungan 22 ini dengan tanaman jahe ini, disaat  situasi Covid-19 ini yang mana dengan mengkonsumsi ramuan jahe dapat memperkuat imunitas tubuh kita" kata beliau saat berdialog dengan awak media, tambahnya lagi, "Saya sangat berterima kasih khusus nya kepada bapak Abdul dan pak Bambang sebagai penggagas Komplek Jahe di lingkungan 22 ini", yang mana pada acara gotong royong tersebut kedua penggagas tersebut juga hadir, "Dan juga terima kasih saya kepada bapak Indra Umbara selaku kepala lingkungan 22 yang giat mengembangkan potensi yang ada dilingkungan ini."

Seperti yang dilansir sebagai "penggagas" pembudidaya tanaman jahe, juga pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi Jahe segar menjadi Ekstrak Bubuk Jahe dengan nama usaha "Jahe Herbal Medan". [B.Sinuhaji]