Landak – Kalbar ( Bhayangkaranews.id )  Serbuan Vansinasi di Wilayah Kodim 1201 / Mph diperluas sesuai perintah bapak Presiden Republik Indonesia dimana kegiatan tersebut untuk mencegah wabah Covid – 19.

“ Koramil 1201 – 08 / Mandor kali ini mengawal kegiatan Vasinasi di Balai Desa Sebadu Kecamatan Mandor Kabupaten Landak, ( 15/07/2021).

 Sebagaimana kita ketahui untuk sasaran Vaksin Tahap pertama berjumlah 90 Orang, yang mencakupi 3 Desa diantanara desa Sebadu sekitar 30 Orang, desa Mengkunyit sekitar 30 Orang dan Desa Semenok sekitar 30 Orang.

“ Danramil 1201 – 08 / Mandor Kapten Czi. Joko Umbaran mengatakan “ Adakah reaksi atau gejala yang terjadi pasca vaksinasi COVID, Secara umum, vaksin tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Namun, jika hal ini terjadi, maka reaksi tersebut sebatas reaksi ringan. Reaksi ini sama dengan reaksi yang mungkin terjadi setelah seseorang mendapatkan vaksinasi dari vaksin lainnya.


“ Reaksi dan gejala yang mungkin terjadi pasca vaksinasi dalam dunia medis dikenal dengan istilah KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

“ Apa saja KIPI yang dapat terjadi pasca vaksinasi COVID, Reaksi KIPI dibagi menjadi reaksi lokal,reaksi sistemik, dan reaksi lain. KIPI pada vaksin COVID hampir sama dengan vaksin lainnya. Reaksi lokal ringan, meliputi nyeri, kemerahan, bengkak, pada tempat suntikan.

“ Reaksi lokal berat, meliputi selulitis atau peradangan pada jaringan yang terjadi karena infeksi bakteri. Reaksi sistemik yang mungkin terjadi meliputi demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), badan lemas, dan sakit kepala.

“ Reaksi berat lainnya namun jarang terjadi adalah syok anafilaktik. Reaksi yang satu ini dapat mengancam nyawa jika tidak segera mendapat penanganan.

“ Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan, tenaga kesehatan akan melakukan pemantauan dan observasi, sehingga jika reaksi berat ini terjadi, maka dapat segera ditangani.

“ Dilanjutkan Oleh Orang Nomor Satu di Koramil 1201 – 08 / Mandor Kapten Czi. Joko Umbaran  Ini yang sangat penting sekali, Yang perlu dilakukan 30 menit setelah pasca vaksinasi, Jika Anda berada di sarana kesehatan, Anda dapat menunggu 30 menit di ruang tunggu. Jika tidak terjadi apapun, maka Anda dapat pulang dan beraktivitas seperti biasa. Jika terjadi sesuatu, maka tenaga kesehatan di sarana kesehatan tersebut siap untuk melakukan penanganan sesuai prosedur.


“ Jika Anda tidak sedang di sarana kesehatan, maka Anda bisa melapor ke tenaga kesehatan tempat Anda divaksinasi atau datang ke IGD terdekat, jika dalam kurun waktu 30 menit Anda mengalami kondisi setidaknya salah satu dari gejala dan tanda di bawah ini, Bibir mendadak bengkak atau kemerahan, Mendadak sesak atau nafas tidak nyaman dan Mendadak pingsan atau tidak sadarkan diri

“ jika terjadi reaksi ringan lokal seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan Anda dapat melakukan, Kompres dingin pada lokasi tersebut, Meminum obat paracetamol sesuai dosis.

 “ setelah divaksinasi masih tetap harus perlu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat meski sudah vaksinasi COVID, sebab di lingkungan masyarakat masih belum terbentuk herd-immunity atau kekebalan berkelompok untuk penyakit COVID.

“ Tetap menjalankan protokol kesehatan Ikut serta dalam edukasi sekitar untuk partisipasi dalam program vaksinasi COVID-19, Ungkap Beliau.  (054_R)