Mempawah - Kalbar (Bhayangkaranews.id) Komandan Kodim 1201/ Mempawah Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengintruksikan kepada anggota jajaran Koramil 01-12, yang diwilayahnya baru-baru ini muncul titik api untuk memadamkan terindikasi akan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Berdasarkan hasil pemantauan 24 jam terakhir satelit Aqua, Terra, SNPP, informasi dari BMKG Kalimantan Barat di wilayah Kodim 1201/Mph terdapat 11, titik api yang muncul sampai saat ini,"ucap Dandim.

Ia menjelaskan, munculnya titik panas ini tersebar pada empat kecamatan, di Kabupaten Landak, Selasa (20/06/2021) meliputi, Desa Pahuman ada lima titik api, Desa Sompak ada dua titik api, Desa Serimbu ada satu titik api, Desa Jelimpo ada dua titik api, dan Desa Kuala Behe ada Satu.

"Masing-masing Koramil di wilayah tersebut harus cepat memberikan tindakan jangan sampai meluas dan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," jelas Dandim.

Diantaranya Koramil yang saat ini terlibat dalam proses penanganan pemadaman, Koramil 07/Mempawah Hulu dua titik api, Koramil 09/ Sengah Temila lima titik api, Koramil 11/ Ngabang tiga titik api, dan Koramil 12/Air Besar satu titik api.

Sampai saat ini 11 titik api, yang ada di Kabupaten Landak pada pukul 17.00 WIB dengan Kategori empat kecamatan sedang dan satu tinggi di Kecamatan Sengah Temila. ( 054_R)