CIAMIS [bhayangkaranews.id] - Adanya pandemi Covid-19 bukan menjadi hambatan untuk tetap berkreasi dan berinovasi sehingga bisa tetap produktif.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya saat melaunching layang-layang hias komunitas ekonomi kreatif Boboko Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan, Sabtu (21/08/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengekspose salah satu potensi yang ada di Desa Tanjungmulya Panumbangan melalui dilaunchingnya layang-layang hias komunitas ekonomi kreatif Boboko (Bobotoh Kolot) .

Dalam sambutannya Wabup mengatakan  maju tidaknya suatu daerah terletak pada ada tidaknya inovasi pada pimpinan dan penyelenggara pemerintahan di daerah tersebut.

"Itu telah dibuktikan oleh para pemuda yang tergabung dalam komunitas ekonomi kreatif Boboko Desa Tanjungmulya dengan tetap  berkreasi dan berinovasi meski di tengah pandemi," Ucapnya.

Ia melanjutkan untuk membentuk destinasi wisata tidak harus mempunyai sumber daya alam yang bagus atau Indah tetapi bisa juga berbentuk wisata buatan.

"Sehingga kami berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Tanjungmulya, dimana masyarakatnya mampu mengembangkan kreasi berdasarkan potensi yang ada, " Jelasnya

Dikatakan Wabup, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata akan senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dan mendorong potensi yang ada di daerah.

"Kami pemerintah melalui dinas pariwisata akan senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat mendukung dan mendorong segala potensi yang ada, semoga event seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin tentunya dengan lebih baik, " tandasnya.

Sementara itu pembina Komunitas Ekonomi Kreatif Boboko Oo Sobarna Senjaya mengatakan Komunitas Ekonomi Kreatif Boboko Desa Tanjungmulya terbentuk sejak tahun 2017 namun SK nya baru keluar dari Dinas Pariwisata pada tahun 2021.

"Terbentuknya komekraf Boboko ini didasari dengan penggalian potensi yang ada di Desa Tanjungmulya, mengingat masih banyak kreativitas-kreativitas yang masih tersembunyi di masyarakat, " Terangnya.

Adapun untuk tujuannya, dikatakan Oo untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Tanjungmulya umumnya di Kabupaten Ciamis.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Kepariwisataan Disparekraf Ciamis, Camat Panumbangan, Koramil Panumbangan, Kapolsek Panumbangan, Kepala Desa Tanjungmulya serta para tokoh masyarakat. ( HB / Jana 048)