CIAMIS [bhayangkaranews.id] - Puncak acara peringatan HUT RI ke 76 tingkat Kabupaten Ciamis dilaksanakan secara sederhana dihalaman pendopo Bupati Ciamis dengan jumlah peserta terbatas pada selasa, (17/08/2021). 


Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI tersebut juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Kepala SKPD, Pimpinan Intansi serta Kepala Desa atau Lurah se Kab. Ciamis. 


Mengawali sambutannya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra selaku Inspektur upacara mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021.

Beliau menuturkan upacara peringatan kemerdekaan ke 76 tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dan terpusat pada tingkat kabupaten dengan penerapan protokol kesehatan. 


Hal tersebut dikarenakan sampai saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19 yang mengakibatkan penurunan kondisi kesehatan dan perekonomian negara, daerah serta masyarakat. 


"Pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, pemerintah mengusung slogan "Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh", ucap Wabup. 


Wabup menjelaskan slogan tersebut memiliki makna agar menjadikan peringatan kemerdekaan RI ke-76 tersebut sebagai momentum untuk mewujudkan Indonesia tangguh dengan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. 


Selanjutnya makna dari Indonesia tumbuh merupakan semangat dalam upaya memulihkan dan menumbuhkan kembali kondisi kesehatan serta perekonomian akibat pandemi covid 19.


Disampaikan Wabup, bahwa  kemerdekaan bangsa Indonesia didapatkan melalui perjuangan panjang para pahlawan melalui pengorbanan jiwa dan raga serta tetesan darah para pahlawan dalam melawan para penjajah. 


"Melalui momentum peringatan kemerdekaan Negara Indonesia ke-76 ini, mari kita renungkan semua perjuangan dan jasa para pahlawan serta selalu kita doakan semoga arwah para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia senantiasa mendapat ampunan dan pahala yang berlimpah dari Allah subhanahu wa ta'ala, " Terangnya. 

"Selanjutnya menjadi tugas kita semua sebagai generasi penerus para pahlawan untuk melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan, " Tambahnya. 


Terakhir Wabup Ciamis mengajak  untuk sama-sama mengenang kembali semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan agar selalu optimis untuk memupuk dan meningkatkan nasionalisme dalam meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya di Tatar Galuh Ciamis. 


"Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan, semoga niat baik dan kerjasama kita dalam membangun Kabupaten Ciamis mendapat petunjuk dari Allah SWT, " harapnya. 


"Dirgahayu republik Indonesia yang ke 76, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, " Pungkasnya. (HB 048)