Bhayangkaranew,id ( Mempawah ) Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal yang terletak di Desa Nusapati Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah di datangi Warga setempat guna untuk menutup sementara kegiatan perusahaan tersebut yang dinilai tidak Kooperatif, pada tanggal 16 September 2021 kemarin.

            “ Terjadinya penutupan pada Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal tersebut dikarena mengabaikan Surat Nomor ; 470/1847/KES pada tanggal 13 September 2021 yang diterbitkan oleh Pemerintahan Desa Nusapati setempat. 

            “ Disaat Rapat Kesepakatan bersama di Kantor Desa Nusapati, Ketua  BPD mengatakan ada Lima Poin Tuntutan kita terhadap Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal pada saat itu diantaranya,  

“Satu, Meminta Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal menjaga Kondufisitas didalam maupun di luar perusahaan tersebut,

“Dua, Meminta Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal melengkapi dan menunjukan perizinan yang berkaitan dengan lingkugan, Operasional, Surat Kesepakatan PKWT dan perizinan lain nya yang berkaitan dengan Operasional perusahaan tersebut.

 “Tiga,  Meminta Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal menghentikan sementara Operasional perusahaan terhitung tanggal 16 September 2021 hinggah permasalahan dengan kariawan serta Pemerintahan Desa Nusapati dapat deselesaikan dengan baik.

“Empat, Apabila  Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal tidak memenuhi tuntutan pada Poin 1,2 dan 3 maka Pemerintahan Desa Nusapati beserta Perangkat Desa akan menutup paksan perusahaan tersebut.

“Lima, Pemerintahan Desa tersebut akan memerintahkan Koperasi Tani Makmur untuk memutus Kontrak Sewa Gedung yang saat ini yang di gunakan oleh Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal untuk memproduksi Rotinya.  Ungkap Beliau.


“Sehinggah pada tanggal 17 September 2021 maka dilaksanakan pertemuan Perdamaian antara Pihak Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal  bersama Warga dan Perangkat Desa di Kantor Desa Nusapati untuk mencarikan Solusi yang terbaik dalam kejadian tersebut.

“Pihak Manajemen Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal meminta maaf atas insiden tersebut, sehinggah terjadinya Unjuk rasa pada perusahaan kami, Ini adalah sebuah pelajaran bagi saya yang tidak boleh lagi saya ulangi, Ungkap beliau.

“Kades Nusapati Sudarwin mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua pihak akan terjadinya perdamaian tersebut. Saya menerima Perdamaian ini dengan tulus dan iklas dan meminta Maaf sebesar besarnya akan insiden ini tersebut. Ini adalah sebuah pelajaran bagi kita semua supaya lain kali bilamana mau masuk kerumah orang maka haruslah permisi dahulu, Ungkap Beliau di saat Rapat Perdamaian.

“Ketua Temanggong DAD Mempawah Rapinus juga meminta maaf dan memberikan sebuah piring putih sebagai tanda permintaan maaf nya dan diterima oleh Kades Nusapati Sudarwin serta Kades Nusapati juga memberikan sebuah Cindramata yaitu sebuah Bendera Merah Putih dan Juga sehelai Baju kepada Ketua Temanggong  DAD Mempawah atas diterima permintaan maaf tersebut.

“Disamping itu juga terlihat Danramil 1201 – 02 / Sungai Pinyuh Kapten INF Bambang Riyanto yang dimana turut ikut serta dalam Rapat tersebut, beliau mengakatan Perdamaian itu indah terjadinya Argumentasi atau perselisihan paham itu biasa didalam sebuah kegiatan ataupun lain nya, Namun pada intinya semua harus lah mendapatkan Solusi yang terbaik, Dimana untuk kita jadikan sebuah Contoh bagi anak cucu kita kedepan nya.

“Pada hari ini kita semua menyaksikan perdamai Antara semua pihak yang terkait, maka dari itu, Perdamain itu sangat Indah, Perdamai itu sangat Mulia.

“Damainya semua pihak yang terkait akan menjadi yang terbaik, terutama bagi masyarakat yang bekerja di Perusahaan tersebut bisa bekerja kembali lagi sehinggah dapat membantu kehidupan rumah tangga mereka masing masing, Ungkap Beliau.


“Atas Kejadian tersebut maka telah mendapatkan kesepakatan Damai bersama, Rapat Perdamaian tersebut dihadiri oleh Danramil 1201 – 02 / Sungai Pinyuh Kapten INF Bambang Riyanto, Perwakilan Polsek Sungai Pinyuh, Babinsa Setempat, Temanggong DAD Kabupaten Mempawah beserta Kecamatan, Pihak Manajemen Pabrik Roti PT. Meridian Kapuas Manunggal , Kepala Desa Nusapati, Perangkat Desa serta Warga Setempat di Kantor Desa Nusapati. ( R_054 )