KB Ciamis bhayangkara news id,  Bupati Ciamis herdiayat Sunarya menghadiri acara memperingati hari ulang tahun gong  perdamaian dunia ke 12 diobjek wisata budaya karang kamulian kecamatan cijengjing ,9/9/2021.


Kegiatan peringatan tersebut di selenggarakan oleh dinas pariwisata Ciamis sebagai acara rutin tahunan yang Ia selenggarakan setiap tanggal 9 September dan serentak dilaksanakan di berbagai negara .

Dalam sambutan nya Bupati Ciamis mengajak masyarakat untuk sama sama dan menjaga situs peninggalan sejarah yang ada di kabupaten Ciamis .


Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat di kabupaten Ciamis ,agar situs sejarah yang ada di kabupaten Ciamis betul betul dirawat di jaga dan di pelihara sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan ,,ungkap bupati.

Beliau berharap kejadian beberapa waktu yang lalu terkait pelecehan salah satu situs sejarah di karang kamulian tidak terjadi lagi kembali .


Ia mengarah kan di pilih nya ciungwanara sebagai tempat di simpan nya gong perdamaian dunia bukan tanpa alasan ,hal itu kerena cikal bakal perdamaian dunia tidak terlepas dari sejarah kerajaan Galuh .


,,Dengan adanya gong perdamaian yang tersebar di dunia di harapkan dapat menyadarkan umat manusia untuk selalu mengutamakan perdamain dan kebersamaan tampan membedakan ras ,suku ,budaya agama dan sekat sekat pemisah lain nya.jelas bupati.


Di terangkan bupati ,gelaran peringatan HUT gong perdamaian dunia menjadi kegiatan event kalender parawisata yang dapat daya tarik wisata yang mampuenarik wisata domestik maupun mancanegara.

Sementara itu ,sekertaris dinas pariwisata Budi Kurnia mengatakan gong perdamaian dunia yang di aman kan di situs karang Kamulian kabupaten Ciamis adalah gong yang paling besar .


Beliau menuturkan dengan ada nya ptringatinya HUT gong perdamaian dunia di setiap tahun nya di harapkan nilai nilai yang  terkandung di dalam nya dapat tersebar ke masyarakat luas.


,,Kami berharap juga kedepan nya pringatan ini dapat mengundang seluruh negara minimal kedutaan kedutaan mengingat karena gong ini kontek nya ,universal sehingga bisa menjadi event internasional tandas nya.(hb 048).