*PROKOPIM KB CIAMIS ( bhayangkara news id) Pemkab Ciamis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Tatang  mengikuti rapat koordinasi evaluasi PPKM Jawa Bali bersama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI secara virtual di ruang ULP Sekretariat Daerah, Minggu (24/10/2021). 


Rakor evaluasi PPKM tersebut rutin dilaksanakan oleh Menko Marves beserta Menteri terkait lainya untuk melaporkan perkembangan kasus dan level Kabupaten Kota di wilayah Jawa Bali. 



Pada kesempatan tersebut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan situasi Covid-19 masih menunjukan  tanda-tanda yang terkendali. 


Namun seiring dengan penurunan level di banyak Kab/Kota, peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat harus tetap dijaga salah satunya dengan memeperluas dan mendisiplinkan penduli lindungi. 


"Peduli lindungi menjadi salah satu alat untuk mengendalikan pandemi ditengah peningkatan mobilitas dan telah digunakan 119,7 juta kalikali," Terang Luhut. 


Menko Luhut menerangkan, berdasarkan Inmendagri 53/2021 ,  terdapat 63 Kabupaten yang sudah di level 2 dan 1, jumlah tersebut berpotensi meningkat minggu depan. 


"Perlu adanya pengawasan dan enforcement yang lebih kuat terhadap peduli lindungi diberbagai sektor terutama seiring disiplin masyarakat yang semakin berkurang terhadap pandemi Covid 19," Ucapnya. 


Luhut melanjutkan, peningkatan mobilitas akan semakin meningkat hingga puncaknya di libur natal dan tahun baru mendatang. 



"Saya minta nanti panglima TNI,  Kapolri, Menhub dan para Gubernur untuk mempersiapkan skenario pengaturan mobilitas dari sekarang, untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus dan kematian, penguatan 3T, perluasan penggunaan peduli lindungi, dan percepatan vaksinasi lansia harus terus dilakukan," Jelasnya. 


Turut hadir mendampingi Sekda Ciamis, Kadis Pariwisata, Kepala BPBD, Kadinkes, Kadis Koperasi, Kasatpol PP dan perwakilan Dishub Ciamis.

(Hb048)