Polres Tasikmalaya " bhayangkara news id ". Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya, Jawa Barat, telah berhasil mengungkap keberadaan  Ladang Ganja, yang berlokasi di Curug Parana Datarandu, Sukamaju Bantarkalong kabupaten Tasikmalaya,  pada sabtu kemarin.


"Betul anggota Satnarkoba Polres Tasikmalaya telah berhasil mengungkap ladang ganja di area pegunungan, diwilayah Curug Parana Datarandu Sukamaju Bantarkalong kabupaten Tasikmalaya." Ungkap Kasat Narkoba Polres Tasikmalaya, AKP Dedih.                       


Operasi yang langsung dipimpin oleh Kasat Narkoba AKP Dedih Praja, KBO Narkoba Ipda Caryadi dan Kanit Bripka Ilyas Adam, tim langsung menuju Lokasi di lahan pertanian seluas 280 meter persegi yang berada di perbukitan.


Para Petugas mendapati ladang ganja di lahan sayuran milik warga, dan kedapatan Sebanyak tiga pohon ganja siap panen yang ditanam dalam Polibag, dan 27 pohon lainya ditanam di sela sela Pohon Cabai dan berukuran kurang dari satu setengah meter,  Dan sejumlah pohon ganja lainnya masih berusia sekitar dua pekan.


"Jadi rincian seluruhnya ada 30 pohon ganja, tiga pohon ditanam dipolibeg dan sisanya disela sela tanaman cabai, dengan jarak tanam sekitar dua meter, Untuk mengelabui para Petugas para pelaku ini menanam ganja melalui sistem tumpang sari, yakni Pohon ganja tetsebut ditanam dengan pohon cabai, dan Setiap dua meter terselip satu pohon ganja," Ungkap AKP Dedih menambakan keterangannya.


Dari hasil operasi Sat Narkoba tersebut, selain Barang bukti amankan pula seorang warga bernama Iwan alias Patek, yang menurut keterangan dia merupakan pemilik dari lahan tersebut.


Dalam keterangannya Pelaku mengaku sudah dua kali berhasil memanennya, bahkan        Ganja tersebut sampai dikeringkan serta   dikonsumsi oleh sipelaku.


"Pihak Kami telah mengamankan warga pemilik lahan tersebut dan masih dalam  pemeriksaan oleh anggota, Selain itu kamipun tengah mengejar pemasok bibit dari dari ganja yang ditanam tersebut,"    tambah Dedih.



Dalam operasi tersebut Petugaspun telah berhasil pula mengamankan barang bukti berupa pohon ganja, ganja kering juga pupuk serta polibeg.  


" Memang benar, Anggota kami dari Sat Narkoba Polres Tasikmalaya telah berhasil mengungkap keberadaan Ladang Ganja yang ditanam di daerah pegunungan, dan sampai saat ini pihak kami masih menggali keterangan dari pemiliknya yang telah terlebih dahulu kami amankan, mudah mudahan tidak lama lagi semuanya akan terbuka dan menjadi jelas, Papar Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyhtono, M.Si, M.M,. P.C.H.R,. dalam keterangannya pada awak media belum lama ini diruang kerjanya.

Senin, (18/10/2021)

( Hb 048).