*


*PROKOPIM kb CIAMIS ( bhayangkara news id) Mewakili Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Ciamis H. Tatang menghadiri acara Pameran Nasional Pesona Bonsai  Galuh Festival 2021 di Taman Lokasana pada Minggu, (24/10/2021). 


Acara tersebut merupakan event nasional yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Ciamis dengan mengusung tema " Pameran Dan Kontes Bonsai Nasional, Ciamis Bertabur Bintang".


Dalam sambutanya, Sekda Ciamis menyampaikan dengan terselenggaranya pameran ini diharapkan pengrajin bonsai semakin bersemangat dalam berkarya, serta semakin banyak masyarakat luas yang tertarik dengan bonsai Ciamis. 



Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang menumbuhkan cinta terhadap seni bonsai sekaligus unjuk kreativitas para pengrajin bonsai. 


"Kegiatan pameran dan kontes bonsai di Ciamis ini diharapkan dapat menunjang program bidang pariwisata, seni, budaya, lingkungan hidup serta ekonomi bonsai akan menjadi daya tarik bagi para penghobi dari berbagai penjuru negeri untuk berkunjung ke Kabupaten Ciamis, " Ungkapnya. 


Sekda menuturkan, saat ini bonsai adalah karya yang digemari dan menjanjikan, digemari oleh penikmatnya karena nilai estetika dan memiliki cita rasa seni yang tinggi.


Kemudian juga sangat menjanjikan bagi para pengrajin nya karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi serta dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. 


"Utamanya dalam situasi pandemi seperti ini bonsai bisa menjadi salah satu pilihan bidang usaha yang dapat ditemui di rumah, " Ucapnya. 


Terakhir, Beliau juga berharap bonsai di Ciamis bisa terus dikembangkan agar ekonomi masyarakat bisa semakin tumbuh. 


"Semoga para pengrajin bonsai Ciamis dapat menghasilkan karya-karya tanaman bonsai yang bernilai tinggi dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, " Pungkasnya 


Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Andang Irfan Sahara  melaporkan kegiatan pameran nasional ini dilakukan sejak tanggal 18 - 30 Oktober 2021.


Andang mengatakan jumlah pohon yang masuk ke Pamnas ini sebanyak 645 pohon, yang terdiri pada beberapa kelas, diantaranya kelas bintang, kelas utama, kelas regional, kelas prosfek yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. 


"Bonsai ini bukan sekedar hobi,  tetapi di bonsai ini ada nilai ekonomi yang cukup menjanjikan, " Jelasnya. 



Beliau berharap Ciamis dapat mempunyai sentra bonsai sehingga Kabupaten bonsai kedepannya bisa menjadi Kabupaten Bonsai. 


Acara diakhiri dengan pengguntingan pita dan pemberian trophi oleh Sekda Ciamis kepada pemenang "best in show" . 


Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan PPBI Pusat, Ketua PPBI Ciamis, para kepala OPD Ciamis, komunitas bonsai, para budayawan tokoh masyarakat dan undangan.

( Hb 048)

Sumber :humas.