Tulang Bawang-[Bhayangkaranews.id]  Bantuan alat berat penyedot lumpur (Dredger) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada masyarakat Bumi Dipasena P3UW Lampung, Kecamatan Rawa Jitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang-Lampung telah sampai pada Senin (15/11/2021) malam.


Alat berat Dredger ini yang panjang nya 16 Meter, lebar 3,6 Meter, tinggi 1,5 Meter dan beratnya kurang lebih sekitar 20 Ton, di kirim langsung oleh (KKP) dari Jakarta ke Bumi Dipasena melalui akses jalan darat yang menggunakan alat angkut Fuso tronton, sedikit ada hambatan saat akan melintasi menyebrangi jembatan di pasar Rawa Jitu Selatan.


Pada waktu beberapa bulan yang lalu P3UW Lampung melalui Koperasi Petambak Bumi Dipasena (KPBD) mengajukan permohonan bantuan alat penyedot lumpur Dredger dan pada akhirnya di proses dan langsung di berikan oleh KKP untuk masyarakat Bumi Dipasena.


Karnadi Adrianto (Renggo) selaku ketua KPBD mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk realisasi janji Mentri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono saat berkunjung ke Bumi Dipasena pada 15 Juni 2021 yang lalu yang menindak lanjuti permohonan bantuan P3UW Lampung melalui KPBD.


Di tempat terpisah Ridho Karya Dongoran koordinator sarana dan prasarana kawasan direktorat kawasan dan kesehatan ikan (KKP) menjelaskan bantuan ini merupakan bentuk komitmen KKP sebagai upaya peningkatan produksi udang Bumi Dipasena, dan alat berat Dredger yang seharga Rp 34 Miliar ini merupakan alat termahal perunitnya dalam sejarah belanja KKP.


Sebelum alat berat Dredger resmi di serahkan kami melakukan pemeriksaan berkas acara serah terima, karena ini sangat penting untuk pertanggung jawaban, selain itu juga kita udah cek kelengkapan kondisi alat berat Dredger,"ungkap Ridho Dongoran saat acara serah terima bantuan alat berat Dredger dari KKP kepada KPBD di sekretariat P3UW Lampung. (17/11/2021)


Dari pihak perusahaan penyedia alat berat Dredger PT Buana Pahala Multi Marindo yang di wakilkan kepada kepala Divisi Unit Mochamad Yudha Firmanto mengatakan bahwa alat berat penyedot lumpur Dredger ini di datangkan langsung dari Amerika.


Pada waktu yang sama Suratman selaku ketua P3UW Lampung merasa sangat senang dengan adanya bantuan alat berat penyedot lumpur Dredger dari KKP, ucapnya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan sehingga bantuan alat penyedot lumpur Dredger ini udah terealisasi, saya juga merasa bangga atas kerja keras semua pengurus, staf dan seluruh anggota P3UW Lampung,"Tutupnya.


       Darmisi/102