Prokopim KB  Ciamis ( bhayangkara news id) Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Sekretaris Daerah Tatang menerima audiensi dari Formatur Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABSI) Kabupaten Ciamis di Oproom Sekretariat Daerah Ciamis, Jumat (12/11/2021). 


Audiensi tersebut membahas rencana pelaksanaan pelantikan PABSI Kabupaten Ciamis yang akan digelar pekan depan. 


Sebagaimana dijelaskan Ketua Formatur PABSI Ciamis, Abdullah Askar bahwa PABSI Ciamis Akan Melaksanakan Pelantikan Di Hotel Tyara pada tanggal 21 November 2021, mendatang. 


"Kita menyampaikan rencana kegiatan pelantikan sekaligus mengundang Bupati Ciamis untuk hadir dalam acara pelantikan nanti, " ucapnya. 



Abdullah menjelaskan, pelaksanaan pelantikan ini untuk mensinergikan organisasi menjadi PABSI yang baru dibentuk setahun kemarin. 


"Sebelumnya di Ciamis baru ada Forum Komunikasi BPD yang hanya mencakup skup wilayah daerah. Dikarenakan kebutuhan jejaring, sharing pembangunan desa dan formal organisasi BPD sampai level nasional maka perlu dibentuk PABSI di Ciamis " jelasnya. 


Dengan pembentukan PABSI di Ciamis, ia ingin membangun sinergitas dengan kepala desa dan Pemkab untuk menopang visi misi Kabupaten Ciamis. 


"Kita ingin organisasi yang memiliki tujuan pembangunan desa di Ciamis sinergis. Dalam waktu dekat kita pun merencanakan ngopi bareng lintas organisasi yang fokus terhadap pembangunan desa di Ciamis," tambahnya. 


Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mendukung inisiasi penguris yang sebelumnya bernaung di FK BPD Ciamis untuk bergabung dalam PABSI Nasional.


Ia pun menyampaikan terima kasih atas inisiatif formatur PABSI Ciamis untuk membangun sinergitas antara aparatur level desa sampai kabupaten. 


"Saya sangat mendukung atas inisiasi pembentukan PABSI Ciamis, terutama dalam mengembangkan jejaring dan sharing keilmuan pengembangan desa, "


Menurutnya, program yang telah dituangkan di RPJMD tidak bisa dilakukan 

Pemerintah saja, namun perlu digerakkan bersama seluruh elemen masyarakat. 


"Berbagai program yang telah ditetapkan pada RPJMD tidak bisa dilakukan sendiri, namun dengan kolaborasi dan sinergitas bersama hasilnya pasti maksimal, " unjarnya. 



Terakhir, Herdiat pun memastikan akan hadir dalam pelantikan PABSI mendatang. 


"Saya akan hadir dan mensupport pelantikan PABSI, semoga bisa mewujudkan pembangunan desa di Ciamis lebih baik demi mewujudkan kesejahteraan untuk semua," tutupnya. 

(Hb 048)