*PROKOPIM KB CIAMIS ( bhayangkara news id) Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya sampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2022 pada rapat paripurna DPRD yang dilaksanakan melalui virtual di Aula PKK Ciamis, Selasa (23/11/2021).


Dalam sambutanya, Bupati mengatakan dalam Permendagri Nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD ta 2022 mengamanatkan bahwa kepala daerah wajib mengajukan raperda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen pendukung kepada DPRD. 


"Sealan hal tersebut pada kesempatan ini kami sampaikan Raperda tentang APBD Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2022 serta nota keuangan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari penyusunan anggaran yang berbasis kinerja, " Ucap Bupati. 


Dikatakan Bupati Ciamis, nota keuangan tersebut merupakan hasil pembahasan program dan kegiatan prioritas berdasarkan KUA dan PPAS, dokumen perencanaan, memperhatikan dampak penanggulangan penyebaran Covid 19.


"Hal ini tentu saja merupakan kondisi yang ideal namun sulit untuk direalisasikan mengingat kondisi keuangan yang ada, " Ungkapnya. 


Bupati Ciamis menuturkan apabila melihat komposisi rancangan struktur APBD, rencana belanja lebih besar dari pendapatan sehingga diperlukan alternatif penerimaan pembiayaan lain untuk menutup kekurangan belanja dimaksud diantaranya melalui pinjaman daerah. 


"Salah satu solusi yang harus dilakukan untuk meminimalkan pinjaman adalah komitmen dan kesadaran bersama untuk menahan keinginan dengan menunda kebutuhan belanja daerah terutama yang dibiayai dari DAU dan DBH diantaranya untuk program kegiatan yang tidak wajib dilaksanakan pada tahun 2022," Jelasnya. 


"Dengan kata lain, untuk saat ini  kita hanya akan menjalankan pembangunan di Kabupaten Ciamis dengan mengendalikan sumber pembiayaan dari DAK, DID, IPDMIP dan DD serta bantuan keuangan dari Provinsi Jabar, " tambahnya. 


Terakhir, Bupati berharap seluruh stakeholder Pemkab Ciamis juga legislatif dan eksekutif bisa terus kompak dalam menghadapi situasi sulit saat ini. 

( Hb 048)

Sumber :humas.