*PROKOPIM KB CIAMIS ( bhayangkara news id) Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara pembukaan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-49 tingkat Kecamatan Cihaurbeti bertempat d Sawah Lega Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeti, Rabu (24/11/2021). 


Acara HKP ke 49 tingkat Kecamatan Cihaurbeti tersebut mengusung tema "Pertanian Maju, Mandiri dan Modern Petani Sejahtera".


Dalam sambutanya, Wabup Ciamis menyampaikan 3 hal yang menjadi tantangan pertanian di Kabupaten Ciamis yaitu pertama daya saing produk, kedua kurangnya pemahaman terhadap tehnologi dan ketiga regenerasi petani. 


"Ciamis merupakan Kabupaten agraris dengan mayoritas masyarakatnya adalah bertani, sehingga salah satu kunci utama kemandirian ekonomi di Ciamis adalah melalui pertanian, " Ungkap Wabup. 


Menurutnya, visi misi Kabupaten Ciamis salah satunya adalah mengembangkan perekonomian unggulan lokal, sehingga pertanian menjadi kunci utama agar Ciamis mandiri secara ekonomi. 


Selanjutnya, terkait daya saing produk, Wabup menuturkan daya saing produk pertanian Ciamis masih kurang bisa bersaing terutama di tingkat nasional maupun internasional.  


"Oleh karenanya, kita harus mencari solusinya bersama-sama, paling tidak ketersediaan bibit unggul dan pupuk bisa terjamin, " Jelasnya. 



"Kedepan saya berharap, dari pada membeli pupuk dan bibit dari luar lebih baik kita membuat sendiri, " Tambahnya. 


Selain itu, beliau berpesan agar para penyuluh pertanian harus lebih paham dari para petani, dengan cara menghadirkan inovasi dan tehnologi di tengah-tengah para petani. 


"Regenerasi petani juga saat ini menjadi salah satu tantangan, kebanyakan petani saat ini usia di atas 50 tahun, padahal menjadi petani itu merupakan pekerjaan yang sangat mulia, " Tandasnya 


Wabup menyampaikan pemerintah daerah dan pihak SKPD terkait akan mendukung dan berusaha memberikan solusi-solusi terbaik bagi para petani Ciamis. 


"Atas nama pribadi dan pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini menjadi momentum bangkitnya pertanian dan para petani di Kecamatan Cihaurbeti dan Ciamis pada umumnya, " Pungkasnya. 


Sementara itu, Ketua Penyelenggara Diman Mardian mengatakan Kecamatan Cihaurbeti memiliki potensi alam yang luar biasa khususnya pesawahan. 


"Kurang lebih saat ini seluas 7 sampai 8 Hektare pesawahan di Cihaurbeti ditanami padi organik, mudah-mudahan kegiatan HKP ini tidak hanya seremonial saja tapi dapat menjadi motivasi dan dorongan hususnya bagi para generasi muda untuk menjadi petani milenial, " Harapnya. 


Diman melaporkan, acara HKP tersebut diikuti oleh 11 Desa Se Kecamatan Cihaurbeti dan akan diisi dengan kegiatan seperti pameran hasil pertanian, LCC asah trampil terpadu, mimbar sarasehan dan acara hiburan lainya. 

( Hb 048)