( Bhayangkara news id) Polres Tasikmalaya Polda Jabar.

Kasi Propam Polres Tasikmalaya Polda Jabar telah laksanakan giat  dalam rangka Pengawasan dan Pengecekan terhadap Piket jaga Tahanan, serta sekaligus dengan pengecekan kondisi keadaan ruang tahanan,

Kegiatan dilaksanakan pada,hari selasa tanggal 16 November 2021 

Pukul, 18.30 Wib

Tempat, Rutan di Mako Polres Tasikmalaya.

                

Dalam kegiatan ini dipimpin oleh IPDA Yudi Risnandar, S.H. dengan diikuti oleh personel piket fungsi antara lain,

Bripka Cep Arif Piket Propam, Bripda Lafran Teja Piket Propam,Bripka Erik Gunawan Piket Tahti Brigadir Anang Sulistyo Piket Tahti, Bripka Dinar Piket Spkt.,Bripda Dancer Piket Jaga Tahanan. 


Kegiatan pengawasan terhadap petugas piket jaga tahanan beserta kondisi ruang tahanan yang dilakukan secara berkala ini dengan maksud mengetahui kesiapsiagaan petugas piket dalam melakukan tugas penjagaan tahanan serta memastikan ruang tahanan dalam keadaan aman dan terkunci. 


Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan dimulai Piket Propam beserta piket Spkt melakukan pengecekan jumlah petugas piket jaga tahanan disesuaikan dengan surat perintah dan jadwal tugas jaga. Selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap buku mutasi dan papan daftar nama tahanan yang berada di dalam rutan.                             


Petugas Spkt dan piket jaga tahanan didampingi oleh personel Piket Propam selanjutnya melaksanakan pengecekan ke dalam rutan untuk memastikan jumlah tahanan sesuai dengan yang tercantum dalam papan nama dan kondisi ruang tahanan dalam keadaan aman dan selalu terkunci. Setelah memastikan semua dalam keadaan aman, Piket Propam menyampaikan penekanan terhadap petugas piket jaga tahanan untuk selalu waspada dan tetap siaga dalam kondisi apapun serta laksanakan kontrol situasi tahanan secara berkala melalui kamera CCTV. 


Dalam kegiatan pengawasan ini kondisi rutan dalam keadaan aman dan masing - masing ruang sel dalam keadaan terkunci serta kamera CCTV dalam keadaan hidup. 


Kegiatan pengawasan dan pengecekan dengan sasaran petugas piket jaga tahanan ini bermaksud untuk mengetahui kesiapsiagaan personel yang melaksanakan tugas jaga serta mengetahui kondisi ruang tahanan guna memastikan selalu dalam keadaan aman. 


Dalam kegiatan pengawasan dan pengecekan ini tidak ditemukan adanya pelanggaran disiplin maupun Kode Etik Profesi Polri."

Demikian dikatakan

KASI PROPAM Polres Tasikmalaya IPTU Supian, S. H,.ds( 17/11/2021)

( Hb 048)